Metropolis

Pemkot Bekasi Buka Pelayanan Terpadu di Mal

Radarbekasi.id, BEKASI – Pemkot Bekasi bersama dengan Polres Metro Bekasi Kota dan beberapa instansi vertikal lainnya membuka pelayanan terpadu yang dinamakan Mall Pelayanan Masyarakat di lantai LG, Bekasi Junction, Senin (12/2).

Pelayanan yang dilakukan terlihat dipadati masyarakat. Bahkan, banyak masyarakat yang mengantri sampai beberapa meter untuk mengurus sejumlah surat – surat.

Salah seorang warga Kelurahan Perwira, Kecamatan Bekasi Utara, Safei (58) mengatakan, keberadaan pelayanan tersebut membantu masyarakat untuk mengurus surat – surat.

“Tapi antrinya aja yang lama. Mungkin itu yang perlu diperbaiki kedepannya,” katanya kepada Radar Bekasi di lokasi, kemarin

Menanggapi hal itu, Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi mengatakan, di tempat tersebut terdapat pelayanan satu tempat untuk masyarakat. “Kalau masih ada kekurangan sekarang masih antri, itu kita evaluasi, pak Kapolres evaluasi, semuanya evaluasi, sehingga hasilnya semuanya terus berubah untuk kepentingan masyarakat,” katanya.

Pria yang akrab disapa Pepen ini mengatakan, pihaknya berencana untuk mempercepat proses pelayanan dengan mengurangi sejumlah proses administrasi dalam pengurusan surat – surat.

“Memangkas proses alur, tapi yang lebih tepat lagi nanti mungkin kita mensimplikasi, memperkecil proses adminsistrasinya, pak Kapolres juga memperkecil proses administrasinya,” ucapnya.

Disinggung apakah pembukaan pelayanan satu tempat itu juga bermaksud untuk meminimalisir pungutan liar, Pepen tidak mau berandai – andai. “Insya Allah lah, tapi kalau mau bersih seperti malaikat enggak ketemu,” imbuhnya.

Kapolres Metro Bekasi Kota, Kombes Pol Indarto menambahkan, dengan adanya Mal Pelayanan Masyarakat maka masyarakat dapat membuat sejumlah surat seperti SKCK, perpanjangan SIM, Izin Keramaian dan Konsultasi Kamtibmas serta lainnya.

Khusus pembuatan SKCK, kata dia, diharapkan dapat beralih ke tempat tersebut supaya masyarakat lebih nyaman. Karena, jumlah pembuat SKCK pada saat penerimaan PNS, TNI/Polri dan pekerjaan lainnya kerap mencapai ribuan orang.

Selain itu, proses pembuatannya juga akan dipercepat. “Dan saya minta pembayaran tidak ada yang tunai. Jadi petugas SKCK fokus melayani setelah ada bukti pembayaran,” kata dia dalam sambutannya.

“Yang perlu saya ingatkan ialah faktor manusianya, layani masyarakat dengan menggunakan hati karena percuma kalau ruangan indah begini tapi melayani tidak pakai hati, tempatkan diri kita pada orang yang kita layani,” harapnya.

Sekadar informasi, di lantai LG Bekasi Junction itu, masyarakat dapat mengunjungi pelayanan dari hari Senin sampai dengan Jumat. Beberapa layanan yang disediakan Pemkot Bekasi ialah pembuatan KTP, Kartu Sehat, Izin dan lainnya.(neo)

Tags
Close