Pendidikan

Mengintip Bangunan SDN Srijaya 03

Bangunan Reot, Atap Bocor, Minim Perhatian Pemerintah

Radarbekasi.id, Tambun – Perhatian pemerintah kabupaten Bekasi terhadap dunia pendidikan dinilai masih sangat minim. Buktinya, masih banyakbangunan sekolah yang kondisinya memprihatinkan bahkan tidak layak digunakan.

Salah satunya seperti Bangunan Sekolah Dasar Negeri (SDN) Srijaya 03, Kecamatan Tambun Utara. Sekolah tersebut ebagian dinding ruang kelas V A dan V B sudah runtuh sebagian. Plafon atap yang terbuat dari anyaman pun juga banyak yang sudah rusak.

Rusaknya bangunan Sekolah Dasar yang berada di Jalan Kampung Gabus Singkil RT01/02, Desa Srijaya, Kecamatan Tambun Utara itu sudah terjadi sejak beberapa tahun silam. Namun, dari Dinas terkait belum juga memberikan perhatian lebih untuk SDN Srijaya 03 ini.

Salah seorang murid kelas VA, Sahrudin mengatakan, bahwa kelasnya yang ia gunakan untuk Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) kerap kali bocor jika hujan turun. Tak jarang buku pelajar Sahrudin juga basah terkena air hujan yang masuk ke ruang kelas.

“Kangara-gara genteng nya pada bocor, jadi sekolahnya kaya gitu (bocor). Soalnya nya kan di kelas yang pojok ini tembok nya juga udah rusak dipinggirnya,” ucap Ndin, panggilan Sahrudin dengan polos, saat ditemui Radar Bekasi.

Ketua Umum Gerakan Rakyat Peduli Penegakan Hukum Republik Indonesia ( GRPPH-RI ) Syahban Siregar mengatakan,Pemerintah Daerah Kabupaten Bekasi dapat memproritaskan kondisi bangunan SDN. Karena, dari hasil Investigasi Lembaga GRPPH-RI, pembangunan SD yang di alokasilan dari dana APBD tahun 2017 itu diduga masih banyak yang terbengkalai pekerjaannya, atau belum terselesaikan sesuai kontrak kerja didalam SPK Dinas PUPR Kabupaten Bekasi.

“Saya selaku Ketua Umum GRPPH-RI mengharapkan agar pihak Dinas Pendidikan dan Dewan terkait, dapat memproritaskan bangunan sekolah SDN Srijaya 03 di Jalan Kampung Gabus Singkil RT.01/RW.02 Desa Srijaya, Kecamatan Tambun Utara tersebut. Agar segera di bangun di tahun ini, karena setahu saya alokasi dana APBD ditahun 2017 diduga masih banyak yang terbengkalai,” tegas Syahban.

Dari pantauan Radar Bekasi, bangunan Sekolah Dasar Srijaya 03 bisa dikatakan sangat memperihatinkan. Dari segi bangunan banyak yang terlihat rusak. Sebanyak dua ruang kelas butuh pernaikan. Sehingga dikhawatirkan hal tersebut akan mengganggu Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) para siswa di sekolah tersebut. (cr37)

Tags
Close