Metropolis

Siapkan Ratusan Lilin

Klenteng Hok Lay Kiong Bersiap Hadapi Imlek

Radarbekasi.id, BEKASI TIMUR – Klenteng Hok Lay Kiong mulai berbenah menghadapi perayaan tahun baru Imlek 2.569 yang segera berlangsung pada 16 Februari 2018 dan menyiapkan 400 pasang Lilin dengan berbagai macam ukuran dari yang kecil hingga yang besar.

Ketau Yayasan Pancaran Tri Dharma selaku Pengelolah Aset dan Gedung Klenteng Hok Lay Kiong di Bekasi, Ronny Hermawan kepada Radar Bekasi, Selasa (13/2) mengatakan, kegiatan persipan lilin denga ukuran kecil hingga terbesar sudah berrlangsung 2 hari lalu. Selain lilin pihaknya juga membersihkan dan mengecat bangunan klenteng serta pencucian terhadap sejumlah patung dewa.

“Kami juga telah menyiapkan ratusan lilin dan dupa untuk keperluan perayaan Imlek 2018. Rencananya sekitar ratusan warga keturunan Tiong Hoa di wilayah Bekasi dan sekitarnya akan merayakan tahun baru di Klenteng Hok Lay Kiong,” katanya.

Menurut Ronny, persiapan perayaan tahun baru China di Klenteng yang berlokasi di Jalan Kenari 1 nomor 1, Kelurahan Margahayu, Kecamatan Bekasi Timur, Kota Bekasi, itu sudah memasuki tahap akhir dengan melibatkan sekitar pulluhan orang pengurus.

“Sejak kemarin, sudah banyak warga keturunan Tiong Hoa yang sudah melakukan ibadah dengan memohon rizki dan kesehatan agar terus bertambah di Tahun Anjing ini, semua lilin itu di persembahkan umat, satu keluarga satu pasang lilin, mereka meyakini bahwa menyalakan lilin di dalam kelenteng jelang tahun baru imlek akan menderangi kehidupan mereka di tahun mendatang,” kata Ronny.

Warga Tiong Hoa yang datang ke klenteng dengan beragam keperluan. Misalnya, sembayang dan membakar dupa pada dewa yang dipercayai akan membantu mengabulkan permintaanya atau memberikan petunjuk melalui ritual Ciam Se, yaitu ritual kocok bambu yang sudah diberi nomor. Setiap nomor, memiliki arti atau petuah yang dapat dilihat di kertas petunjuk yang kemudian keluar dari dalam bambu.

Pantauan di lokasi, aroma dupa yang menyengat menambah kesan sakral di Klenteng tertua di wilayah setempat. Karakteristik Klenteng Hok Lay Kiong nampak dari ornamen atap, pintu, patung dewa-dewa, altar persembayangan, tiang penyanga yang orisinil sejak pertama kali didirikan sekitar 300 tahun silam, meski sudah berulangkali mengalami renovasi, tetapi masih terlihat kokoh dan layak pakai.

“Sebentar lagi memasuki Tahun Anjing, harapan saya semua aspek kehidupan berjalan lancar, tak ada musibah dan bencana. Masyarakat hidup rukun dan damai, tidak ada banyak sengketa dan kesalahpahaman, kita juga berharap negera kita makin baik,” harapnya. (pay)

Tags
Close