Cikarang

Pembangunan Pedesterian Tak Masuk RPJMD

Radarbekasi.id, CIKARANG PUSAT – Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Bekasi, Daris mendorong agar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi membangun torotoar (pedestrian) untuk pejalan kaki. Dimana saat ini disejumlah jalan raya di Kabupaten Bekasi belum ada pedestrian, sehingga hak pengguna jalan kaki terabaikan.

”Bisa dilihat pembangunan infrastruktur di Kabupaten Bekasi masih jauh dari harapan, terutama fasilitas umum seperti taman dan pedestrian sebagai hak pejalan kaki,” ujar Daris kepada Radar Bekasi, kemarin.

Dikatakan Daris, dalam pembahasan anggaran tidak melihat ada koreksi untuk anggaran pembangunan pedestrian.

Menurutnya, Pemkab Bekasi harus melakukan efisiensi anggaran untuk pembangunan serta skala prioritas untuk pembangunan daerah, termasuk fasilitas umum bagi masyarakat.

Lanjut politisi Gerindra ini, DRPD Kabupaten Bekasi sudah beberapa kali mengusulkan untuk pembangunan pedestrian agar diprioritaskan. Kata dia, masalah keterbatasan anggaran tidak boleh dijadikan alasan dalam pembangunan suatu daerah.

”Memang masalah keterbatasan anggaran tak bisa dipungkiri, namun apabila untuk kepentingan publik, bukan hal yang mustahil kalau Pemkab Bekasi mampu membangun pedestrian untuk kepentingan pejalan kaki serta mengedepankan keindahan suatu daerah,” tegasnya.

Sementara itu, Bupati Bekasi, Neneng Hasanah Yasin mengakui, tahun anggaran 2018 tidak ada kegiatan untuk pembangunan pedestrian. Meski demikian, rencana pembangunan tersebut sudah masuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

”Tahun ini memang belum ada kegiatan untuk membangun pedestrian, dan rencananya baru kami realisasikan tahun 2019 mendatang,” beber Neneng melalui pesan singkatnya kepada Radar Bekasi, Senin (19/2). (and)

Tags
Close