Pendidikan

Wajib PAUD Dimulai Tahu ini

Radarbekasi.id, BEKASI TIMUR – Kementrian Pendidikandan Kebudayaan (Kemendikbud) bakal meluncurkan program wajib Pendidikan Usia Dini (PAUD) sebagai program prioritas nasional pada tahun 2018. Program prioritas ini dikuatkan dengan PP Nomor 87 /2017 tentang pendidikan penguatan karakter.

Sekertaris Dinas Pendidikan (DISDIK) Kota Bekasi Inayatullah mengatakan, pemerintah daerah memberikan hibah dan pembinaan terhadap guru,”Pemerintah daerah hanya memberikan bantuan dalam bentuk hibah, pembinaan terhadap guru-guru. Kecuali kalau yang negeri,”ungkapnya.

Untuk kesejahteraan guru, Inayatullah mengatakan pemerintah daerah memberikan tunjangan kepada guru PAUD sebesar Rp200 ribu setiap bulannya. Sementara bantuan dana, lanjutnya berasal dari pemerintah pusat sebesar R22 Miliar untuk peningkatan manajemen mutu.

Sementara itu Kepala Sekolah Dasar Standar Nasional (SDSN) Margahayu XIII R. Fauzi, mengaku menyambut baik rencana program tersebut.“Buat saya itu bagus, artinya karena SD kelas satu kan udah pake buku teks. Minimal ketika dia PAUD atau TK dulu dia sudah terbiasa dengan hal yang kaitannya dengan kesamaan itu,”ungkapnya.

Menurutnya, program wajib PAUD bagus untuk dilaksanakan. Yang terpenting menurutnya pendidikan PAUD tidak mewajibkan untuk membaca dan menghitung layaknya di sekolah dasar.“ Yang berhitung dan membaca adanya di SD,”ujarnya.

Jika dipaksakan untuk membaca dan menghitung, menurut Fauzi itu berbahaya bagi anak-anak. Fauzi pun menambahkan, lebih mudah untuk mengajar siswa yang sudah menerima pendidikan di PAUD dibandingkan dengan peserta didik yang langsung masuk SD. “Karena dia sudah berpengalaman bersosialisasi. Lebih memudahkan guru SD,” imbuhnya. (cr38)

Tags
Close