Pendidikan

Atap Ambrol, Ruag Kelas Dikosongkan

Radarbekasi.id – Sekolah Dasar Negeri (SDN) Danau Indah 01, Kecamatan Cikarang Barat kondisinya memprihatinkan. Pasalnya, plafon atap di beberapa ruang kelas sudah banyak yang terkelupas. Naasnya, kondisi tersebut sudah terjadi sejak beberapa tahun silam. Dari pantauan Radar Bekasi, sebanyak dua ruang kelas yang mengalami kerusakan.

“Keadaan rusaknya bangunan ruang kelas sebanyak dua lokal ini, sudah lama berjalan. Bangunan ini pun sudah tiga kali direhap ringan. Tapi karena kondisi tanah yang labil, bangunan jadi tidak lama bertahan,” jelas Ajo Sutajo, kepala SDN Danau Indah 01 saat ditemui Radar Bekasi, Selasa (20/2).

Ajo menambahkan, bahwa terakhir ruang kelas di renovasi pada tahun 2008 lalu. Itupun dibangun menggunakan dana dari CSR PT Yutaka Manufacture. “Terakhir kali direhab oleh PT Yutaka Manufacturing pada 11 Juni 2008 lalu. Tetapi tidak bertahan lama. Kondisi bangunan sudah memprihatinkan dan tidak pernah lagi difungsikan,” tambahnya.

Padahal jumlah keseluruhan murid disekolah dasar itu mencapai 550 murid, dan hanya menggunakan lima ruang kelas saja untuk kegiatan belajar mengajar (KBM), karena dua ruang kelas sudah tidak difungsikan karena takut akan kejadian yang tidak diinginkan.

“Dengan keterbatasan ruang kelas yang ada, terpaksa kami menerapkan kegiatan dengan system 3 shift. Sedangkan dalam sati hari saja, anak didik bisa mengikuti tujuh mata pelajaran, dengan sebanyak 550-an anak didik tentunya proses belajar tidak akan efektif,” katanya.

Namun, Ajo dan beberapa pengajar sekolah pun telah mengajukan perbaikan ruang kelas yang rusak ke UPTD dan juga pada Murenbang Kecamatan sejak beberapa waktu lalu. Namun sampai saat ini belum juga terealisasi. “Sudah diajukan sejak lama, tapi belum dapat,” tandasnya. (Cr37)

Tags
Close