Pendidikan

Jurusan Tata Boga Diminati Pasar

Radarbekasi.id – Keberadaan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), dinilai menjadi solusi penyediaan tenaga kerja yang terampil dan siap kerja. Demikian ditegaskan wakil kepala sekolah bidang kesiswaan SMKN 2 Kota Bekasi, Yuni.

Menurutnya, SMK harus menyiapkan tenaga kerja terampil sesuai dengan permintaan pasar. Salah satunya yangs aat inis edang diburu pasar, yakni lulusan jurusan kuliner atau tata boga.”Tren saat ini yaitu kuliner,”katanya.

Dia mengatakan jurusan tata boga memiliki pangsa pasar yang bagus karena seluruh perusahaan yang bergerak dibidang apapun membutuhkan makanan sebagai kebutuhan pokok manusia.“Tata boga ini pangsa pasarnya bagus, karena sekarang semua lini butuh makan. Restaurant mana yang nggak butuh. Rumah sakit juga butuh” ujarnya.

Selain diserap oleh perusahaan, menurutnya jurusan tata boga juga mampu untuk membuka lapangan pekerjaan sendiri dengan modal yang tidak harus besar.“jurusan mereka bisa diserap dimana pun. Atau kalau tidak terserap pun bisa buka usaha sendiri” ujarnya.

Namun, dia menyayangkan jurusan tersebut saat ini masih relative sedikit dan terbatas. Hanya beberapa SMK saj ayang menyediakan jurusan Tata Boga.“Kelasnya Cuma sedikit, dan ruang praktek kapasitasnya terbatas. Kita kelas masak untuk ruang praktek hanya ada satu,” ujarnya.

Menurutnya, jurusan tata boga ini memiliki peluang yang besar untuk di serap oleh perusahaan.Kota Bekasi hanya ada satu SMK Negeri yang menyediakan jurusan Tata Boga dari dua sekolah yang jurusan tersebut di Kota Bekasi baik Negeri maupun swasta.

“kalau jurusan umum seperti akuntansi dan Tehnik Komputer Jaringan hampir diseluruh sekolah ada, tapi untuk tata boga yang negeri hanya satu-satunya kita. Sekolah swasta ada satu di Bekasi Timur” imbuhnya. (cr38)

Related Articles

Back to top button