Cikarang

Lelang Jabatan Kepala Bappeda Bakal Dibuka Kembali

Radarbekasi.id – Lelang jabatan (open bidding) untuk posisi Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Bekasi dibatalkan oleh tim Panitia Seleksi (Pansel), karena lima peserta yang sudah lolos administrasi sebelumnya tidak memenuhi unsur.

Hal ini disampaikan Kepala Bidang Pengembangan Aparatus Negeri Sipil Badan Kepegawaian Pelatihan dan Pendidikan Daerah (BKPPD) Kabupaten Bekasi, Iis Wahyudianto kepada Radar Bekasi, Selasa (20/2).

Kata dia, dari tiga formasi lelang jabatan yang dibuka, untuk posisi Kepala Bappeda, menurut tim Pansel, seluruh peserta pada saat pengujian tidak memenuhi unsur.

”Saya mengeluarkan komentar ini bukan sebagai tim seleksi ya. Melainkan sebagai fasilitator, karena tim panitia semuanya dari luar untuk mengedepankan indepedensi. Jadi untuk Bappeda memang hasilnya dari seluruh peserta belum memenuhi unsur,” beber Iis.

Lanjut Iis, terkait lelang jabatan untuk pengisian Kepala Bappeda yang kosong, pihaknya bakal melakukan komunikasi dengan Komite Sipil Negara (KSN), terkait dari hasil seleksi yang sudah dilakukan sebelumnya.

”Secara tertulis atau administrasi memang belum ada kepastian terkait formasi Bappeda. Oleh sebab itu, kami bakal berkonsultasi dengan KSN untuk menindak lanjuti masalah lelang jabatan Kepala Bappeda, apakah akan diulang kembali atau seperti apa,” ujarnya.

Namun demikian, sambung Iis, dari tiga formasi yang dibuka untuk Dinas Perdagangan dan Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan, sudah ditentukan tiga nama dari masing – masing pejabat yang mengikuti seleksi.

Adapun tiga nama yang lolos dari dua formasi jabatan yang dibuka, tambah Iis, seluruhnya telah memenuhi unsur. Salah satunya memiliki kompetensi, inovatif dalam merumuskan program, serta baik dalam memimpin manajemen organisasi.

”Jadi, dari tiga formasi yang dibuka, Dinas Perdagangan dan Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan, menurut tim pansel memenuhi unsur. Sehingga dari lima pejabat yang sebelumnya lolos administrasi, saat ini kedua formasi tersebut sudah terpilih tiga nama untuk masing masing formasi,” terang Iis.

Sementara dari tiga nama tersebut, untuk Dinas Perdangangan, Peno Suyatno, Iyan Priyatna, Sutisna. Dan untuk Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan, Iwan Ridwan, Jaoharul Alam, Hendra Rosika.

”Dari tiga nama itu nantinya bakal kembali diuji oleh tim, juga bakal memaparkan kepada bupati untuk ditentukan siapa yang layak menjadi kepala dinas untuk mengisi formasi yang kosong,” pungkasnya. (and)

Tags
Close