Pendidikan

Studi Observasi STIE Mulia Pratama

Mengolah Data dan Mengamati Kehidupan Sosial Masyarakat

Radarbekasi.id – Kegiatan yang berlangsung pada Minggu (18/2) kemarin, dilakukan untuk memberikan edukasi dan penyadaran kepada mahasiswa terhadap kehidupan masyarakat Kota Bekasi. Kegiatan tersebut di selenggarakan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Kelompok Studi Mulia Pratama.

Ketua Umum Kelompok Studi Mulia Pratama (KSMP) Dian Rohdiana menuturkan, kegiatan ini dilakukan untuk melatih mahasiswa dalam mengolah data dan penyadaran terhadap kehidupan masyarakat di Kota Bekasi. “Ini kita lakukan untuk melatih teman-teman mengolah data dari hasil observasi yang dilakukan nanti dan untuk memberikan penyadaran terhadap realita kehidupan masyarakat” ujarnya.

Pada kegiatan tersebut, mahasiswa STIE Mulia Pratama disebar ke beberapa lokasi di Kota Bekasi yakni Tempat Pembuangan Ahir sampah Bantar Gebang, Pasar Baru dan di Area Bekasi timur. “Teman-teman kita sebar ke beberapa tempat di Kota Bekasi diantaranya Bantar Gebang, lalu Pasar Baru, kemudian sepanjang jalan Djoyo Martono Bekasi Timur” ujarnya.

Dian menuturkan, mahasiswa diberikan tugas untuk mengamati kegiatan masyarakat di tempat mereka di tugaskan masing-masing. Beberapa aspek yang akan diamati adalah ekonomi, sosial, kesehatan dan budaya.

Salah satu mahasiswa yang ikut terjun dalam observasi tersebut Anwarudin mengatakan, kegiatan ini cukup menguras tenaga dan fikirannya karena harus mempelajari dan mengamati keseharian masyarakat serta mengamatinya untuk dijadikan bahan studi. “Cukup melelahkan tenaga dan fikiran saya. Mengamati keseharian masyarakat untuk dijadikan bahan studi” ujarnya.

Dia mengatakan hasil observasi ini akan dijadikan bahan studi untuk seminar yang digelar setiap tahun oleh STIE Mulia Pratama. “nantinya hasil kegiatan ini akan dijadikan bahan studi dalam seminar ilmiah yang akan diadakan setiap tahun” imbuhnya. (cr38)

Tags
Close