Berita Utama

Momentum HPSN, Komitmen Jaga Lingkungan

Radarbekasi.id – Kota Bekasi bersama stake holder terkait kemarin turut memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) di Car Free Day (CFD) Kota Bekasi, Minggu (25/2).

Puncak peringatan HPSN tahun 2018 dilaksanakan oleh Bekasi Clean Action bekerja sama dengan Pemerintah Kota Bekasi dan Dinas Lingkungan Hidup.

Turut hadir pula pada acara ini komunitas dan dari Bank Sampah Induk Patriot Kota Bekasi, Earth Hour Bekasi, serta perwakilan pelajar dari tiap sekolah di Kota Bekasi.

Rizki Putra Firmansyah ketua pelaksana HPSN mengatakan, rangkaian acara peringatan HPSN 2018 diawali dengan penandatangan “Komitmen Bersama” dan kemudian dilanjutkan ke acara inti yaitu Gerakan Pungut Sampah. Kurang lebih 100 orang peserta terlibat dalam aksi ini.

“Aktivitas berlangsung sejak pukul 06.30 hingga 09.30. Kita berhasil mengumpulkan sepuluh kantung trashbag. Sebagai tindak lanjut kegiatan bersih bersih, kami mengadakan workshop Gerakan Pilah Sampah,” ujarnya

“Tujuan Peringatan HPSN 2018 adalah untuk meningkatkan kepedulian dan peran aktif masyarakat Indonesia, terutama warga bekasi mulai dari hal kecil yaitu membuang sampah pada tempatnya” tambahnya.

Momen hari bebas kendaraan bermotor (CFD) di Jalan Ahmad Yani, Bekasi Selatan, Kota Bekasi yang rutin dihelat setiap hari Minggu dimanfaatkan oleh Pemerintah Kota Bekasi mengimbau masyarakatnya agar menjaga kebersihan lingkungan.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi, Jumhana Luthfi, mengajak masyarakat Kota Bekasi berperan aktif dalam kegiatan memungut sampah di jalan.

“Kita cinta Kota Bekasi dan jangan biarkan sampah ada di depan mata kita. Segera pungut dan buang ke tempat sampah,” katanya kemarin (25/2)

Luthfi juga mengapresiasi aksi relawan Bekasi Clean Action turut mengedukasi warga memungut sampah pada pelaksanaan CFD.

Selain itu, ia ingin elemen masyarakat juga aktif mengurangi sampah secara mandiri melalui bank sampah, komposting, dan daur ulang sampah.

“Pengolahan mandiri juga mampu mengurangi volume sampah rumah tangga di Kota Bekasi,” ucap lutfi.

Dia mengaku bangga pelaksanaan Car Free Day di Jalan Ahmad Yani Kota Bekasi meraih predikat terbaik tingkat nasional. Hal itu diakuinya sebuah bukti warga Kota Bekasi cinta lingkungan.

“Prestasi ini patut menjadi kebanggaan warga masyarakat Kota Bekasi. Oleh karenanya kita raih prestasi lain dan optimis meraih Adipura,” pungkas. (pay)

Tags
Close