Berita Utama

Ganjil Genap Bikin Macet di Arteri

Radarbekasi.id – Pemberlakuan ganjil-genap untuk masuk tol Bekasi Timur dan tol Bekasi Barat dikhawatirkan akan menyebabkan penumpukan kendaraan di jalur arteri yang ada di Kota Bekasi. Hal itu disampaikan Kepala Dinas Perhubungan Kota Bekasi, Yayan Yuliana.

Dalam kebijakan tersebut, kata Yayan, kendaraan pribadi yang hendak ke arah Jakarta namun dengan nomor polisi genap, tidak dapat melalui gerbang tol Bekasi Timur dan Bekasi Barat pada tanggal ganjil dan sebaliknya.

Yayan menganjurkan, supaya masyarakat yang hendak ke Jakarta dari pukul 06.00 WIB – 09.00 WIB beralih menggunakan transportasi massal. “Angkutan masal yang ada di kita kan ada Trans Jabodetabek,” kata Yayan.

Dirinya menyatakan, masyarakat dapat memarkirkan kendaraannya di tempat yang telah disediakan. Untuk tol Bekasi Barat di Mega Bekasi Hypermall dan untuk tol Bekasi Timur di Apartement Grand Dhika.

Dishub Kota Bekasi, kata Yayan, akan menerjunkan personil untuk menjalankan kebijakan tersebut. Selain itu, pihaknya akan membantu rekayasa lalu lintas untuk pengendara yang ingin ke Jakarta melalui gerbang tol lainnya.

Kendaraan yang tidak sesuai dengan kebijakan ganjil genap akan dialihkan untuk melewati gerbang tol yang tidak jauh dari Bekasi Barat atau Bekasi Timur.

Diketahui, pemerintah berencana melaksanakan kebijakan tersebut pada Maret 2018. Saat ini, hal tersebut sudah mulai disosialisasikam kepada pengendara yang melalui gerbang tol Bekasi Barat dan gerbang tol Bekasi Timur.

Sekadar diketahui, Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) akan memberlakukan pengaturan ganjil – genap untuk kendaraan roda empat di pintu tol Bekasi Barat dan Bekasi Timur.

Hal itu dilakukan sebagai upaya untuk mengurangi jumlah volume kendaraan di Jalan tol Jakarta-Cikampek. Kepala BPTJ, Bambang Prihartono mengatakan, pengaturan tersebut akan dilakukan dalam waktu dekat bagi kendaraan golongan satu. (neo)

Tags
Close