Pendidikan

Jurusan Teknik Alat Berat Minim Bantuan

Radarbekasi.id – Sekolah Menengah Kejuruan Bina Karya Mandiri (SMK BKM) Kota Bekasi, merupakan satu-satunya sekolah kejuruan yang memiliki Jurusan Teknik Alat Berat di Kota Bekasi. Sehingga tidak heran, jika peminatnya selalu meningkat.

Jurusan yang luncurkan sejak tahun 2012 lalu ini, menyediakan dua kelas setiap tahunnya.”Waktu awal dibentuk, jumlah siswanya sedikit. Tapi sekarang jumlahnya makin meningkat,”kata Kepala Jurusan Teknik Alat Berat SMK Bina Karya Mandiri, Abu.

Dia juga menambahkan kenaikan permintaan tenaga kerja tersebut di sebabkan oleh perkembangan industri tambang dan banyaknya pengerjaan proyek. Dengan kondisi tersebut, dia mengaku SMK BKM kewalahan memenuhi permintaan pasar.

Pasalnya, menurut Abu, menyediakan jurusan Teknik Alat Berat sangat mahal ketimbang jurusan lainnya,”Jurusan ini terkendala oleh biaya yang mahal. Itu tantangannya. Untuk unit baru bisa sampai dengan harga Rp2 Miliar,” ujarnya.

Selain itu, dia juga mengaku bantuan dari pemerintah juga sangat jarang jika dibandingkan dengan jurusan yang lain menurutnya. ” Bantuan pemerintah masih jarang, berbeda dengan jurusan yang lain. Untuk unit alat berat kita ada 3 unit. Itu pun kami beli sendiri,” ujarnya.

Sementara itu menurut tool man ruang praktik alat berat, Wildan, sampai dengan saat ini jurusan teknik alat berat di Jawa Barat hanya ada 2 sekolah salah satunya di Bekasi. “Yang saya tau sampai saat ini hanya 1 di Bekasi cuma ini, bahkan di Jawa Barat hanya dua yaitu di Indramayu dan Bekasi,”ujarnya.

Menurut pria yang pernah bekerja di bidang alat berat ini, kesempatan kerja untuk jurusan khusus alat berat lebih terbuka di banding dengan jurusan lain. Rencananya dalam waktu dekat ini akan dilakukan perekrutan perusahaan yang bergerak di bidang alat berat. “Rencananya besok ada perekrutan PT KOBEXINDO sebanyak 40 orang,”tutupnya. (cr38)

Tags
Close