Pendidikan

Lembaga PAUD Wajib Terakreditasi

2019 Wajib PAUD Satu Tahun

Radarbekasi.id – Dinas Pendidikan Kota Bekasi, Mendorong agar semua pengelola lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kota Bekasi segera melegalitaskan keabsahan lembaga yang dikelola.Hal itu selain untuk lebih meningkatkan mutu dan kualitas, juga untuk mempersiapkan program wajib PAUD 2019 bagi siswa sebelum masuk sekolah dasar.

Demikian ditegaskan Kepala bidang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Dinas Pendidikan Kota Bekasi Yopik. Dia mengaku, berdasarkan aturan dari Kemendikbud, mulai tahun 2019 siswa wajib PAUD minimal 1 tahun sebelum masuk SD.

”Lembaga PAUD harus terakreditasi, karna mulai tahun depan siswa wajib PAUD,”tegasnya.

Dia mengaku, Dinas Pendidikan Kota Bekasi menambahkan kuota bagi lembaga PAUD untuk mengikuti akreditasi, serta akan memberikan insentif kepada tenaga pendidik,”Pemerintah Provinsi Jawa Barat juga akan menambah kuota tahun ini menjadi 30 ribu PAUD se Jawa Barat untuk mengikuti akreditasi,”katanya.

Sementara di Kota Bekasi, kuota yang diberikan untuk akreditasi PAUD yakni sebanyak 168.”Perizinan dan input DAPODIK wajib. kemarin ada surat edaran dari pak mentri untuk update Dapodik Karena kaitannya dengan jumlah sarpras, sebenarnya di pusat itu ada bantuan sarpras,”imbuhnya.

Pemerintah kota Bekasi, lanjut Yopik, sudah menyiapkan anggaran sebesar Rp23 Milyar untuk bantuan operasional pendidikan (BOP) yang dapat digunakan membantu operasional pada tahun 2018 ini sebagai persiapan wajib PAUD.

Saat ini, di Kota Bekasi hingga akhir 2017 lalu terdapat 1.383 lembaga PAUD yang terdiri dari TK, KB, TPA dan SPS. Untuk lembaga PAUD negeri pada tahun 2018 ini, dinas Pendidikan Kota Bekasi menargetkan 6 PAUD Negeri yang sampai dengan saat ini masih berjumlah 2 lembaga PAUD negeri.

“Minimal harus ada enam lembaga PAUD, tapi sampai saat ini baru ada dua.Kita sedang cari lahan untuk membuat 4 lagi. Tapi nanti kalau wajib PAUD sudah berjalan, setiap kecamatan harus ada PAUD Negeri,” tegasnya.

Sementara itu, salah seorang guru lembaga PAUD Rahayu Sari mengaku setuju dengan adanya program wajib PAUD.

”Programnya lebih baik dititik beratkan pada umur 5-6 tahun, untuk 3-4 tahun baiknya hanya diperkenalkan saja dengan lingkungan pendidikan karena kalau mereka belum mau ikut tidak dapat untuk dipaksakan” tegas guru yang mengajar diwilayah kabupaten Bekasi tersebut. (cr38)

Tags
Close