Berita Utama

Operasional Trans Patriot Terancam Molor

Radarbekasi.id – Ketua Dewan Transportasi Kota Bekasi, Harun Al Rasyid mengatakan, operasional sembilan Bus Trans Patriot yang telah di launching itu akan terlambat.

Hal itu disebabkan Perusahaan Daerah Mitra Patriot (PDMP) yang sempat ditunjuk menjadi operator Bus Transpatriot belum siap. Sehingga, Pemkot Bekasi memutuskan untuk melelang operator sembilan bus yang pengadaan beserta fasilitas menghabiskan anggaran sekitar Rp11 miliar.

“Hal ini disebabkan belum siapnya operator yang telah ditunjuk untuk menjalankan bis transpatriot. Keterlambatan juga disebabkan proses peralihan plat nomor dari merah ke kuning juga membutuhkan waktu,” kata Harun, Selasa (27/2).

Menurut Harun, karena banyaknya target yang meleset, Dishub Kota Bekasi dan DTKB membuat strategi baru dengan mekanisme lelang operator. “Targetnya pertengahan bulan maret, administrasi seleksi operator sudah dapat dilaksanakan oleh pemkot,” ujarnya.

Beredar informasi bahwa PDMP gagal menjadi operator karena tidak lolos audit. Harun tidak membantah atau membenarkan hal itu. Menurut dia, terkait dengan hasil audit merupakan wewenang Pemkot Bekasi.

Sepengetahuan DTKB, kata dia, tidak ditunjuknya PDMP disebabkan karena persoalan kelengkapan administrasi. Walaupun begitu, ia berharap satu bulan ke depan sudah ada kejelasan terkait operator dan rencana operasional bus tersebut.

Sekedar informasi, saat ini bus – bus tersebut terparkir di Stadion Patriot Candrabhaga dan belum beroperasi. Awalnya, Dishub Kota Bekasi berencana untuk mengoperasionalkan pada Hut Kota Bekasi, 10 Maret 2018 mendatang.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Dinas Perhubungan Kota Bekasi, Yayan Yuliana.

Yayan menjelaskan, pihaknya merencanakan pada tanggal tersebut sambil menunggu penunjukan pengelola sembilan bus tersebut ke BUMD Perusahaan Daerah Mitra Patriot (PDMP) Kota Bekasi. Nantinya, penunjukan tersebut akan diberikan Pemkot Bekasi melalui Surat Keputusan Wali Kota Bekasi.

“Kita mempunyai target untuk operasional Transpatriot itu bisa melayani masyarakat pada saat hari ulang tahun Kota Bekasi. Saat ini kita sedang mempersiapkan untuk penugasan atau penunjukan kepada BUMD yang akan ditunjuk sebagai operator atau pengelola Transpatriot,” kata Yayan kepada Radar Bekasi, Jumat (2/2) lalu.(neo)

Tags
Close