Berita Utama

Bupati Telusuri ‘Joki’ Absen ASN

Radarbekasi.id – Beredarnya video salah satu office boy (OB) di lingkungan Pemkab Bekasi yang menjadi joki absensi oknum Aparatur Sipil Negara (ASN) viral di media sosial (medsos) dan mendapat komentar dari banyak warganet.
Salah satunya video tersebut diuplode akun facebook atas nama Abdul Muhaimin, dengan caption ”PNS Titip Absen ke OB”. Di video tersebut juga terdengar seorang OB mengatakan kepada rekannya yang mengabadikan berkata. ”Jangan macem-macem Cok,” kata salah satu OB di dalam video berdurasi 13 detik tersebut.

Berbagai komentar di akun facebook diantaranya, @Benny Tunggul : esselon berapa ya itu OB, @Ferry Alfakir : Dinas mana saja ya yang bisa titip absen, @Itu bagaimana caranya sidik jari ko bisa pakai jari orang lain.

Menanggapi hal tersebut, Bupati Bekasi Neneng Hasanah Yasin tidak percaya adanya perilaku titip absen yang dilakukan oleh anak buahnya di lingkungan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang dipimpinnya. ”Kok bisa ya, itu kan finger print kenapa bisa ya, bagaimana caranya,” ujar Neneng bertanya saat diwawancarai Radar Bekasi, Senin (5/3).

Adanya dugaan praktik tercela berupa titip absensi, Neneng mengaku dirinya baru mengetahui. Ia mengatakan adanya informasi tersebut, dirinya belum percaya seratus persen terkait beredarnya video tersebut.

”Itu video akan kami cari tahu kebenarannya, kan orangnya sudah jelas itu siapa, jadi tinggal dicari dan ditanya. Saya akan koordinasi dengan Badan Kepegawaian Pelatihan Pendidikan Daerah (BKPPD) untuk mencari kebenarannya, nanti kalau memang benar pastinya akan kami sanksi keras. Sebab hal ini telah menunjukan moral seorang ASN yang tidak baik,” tuturnya.

Sementara itu, Sekretaris BKPPD Hanif Zulkifli mengatakan, pihaknya akan berkoordinasi dimana lokasi video tersebut untuk mengetahui kebenarannya.

”Saya belum tahu informasi tersebut, kalau sudah ada videonya. Kami akan cari tahu dan kalau benar pasti akan kita sanksi sesuai peraturan yang ada,” tuturnya saat dihubungi Radar Bekasi, kemarin (5/3). (and)

Close