Pendidikan

Belasan Gedung Sekolah Rusak

Radarbekasi.id – Belasan gedung Sekolah Dasar Negeri (SDN) dan Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) di Kecamatan Sukawangi, Kabupaten Bekasi tidak laik digunakan.

Tidak laik nya bangunan sekolah di Kecamatan tersebut, terlihat dari seringnya banjir yang merendam halaman sekolah, yang membuat aktivitas kegiatan belajar mengajar (KBM) di Kecamatan Sukawangi ikut terganggu.

Tak hanya itu, permasalahan yang melanda dunia pendidikan di Kabupaten Bekasi juga tentang bangunan sekolah yang sebagian masih dalam proses sengketa oleh warga setempat. Kepala Desa Sukadaya, Yarpan menuturkan, kondisi SDN Sukadaya 02 yang status tanahnya mengalami masalah. Apalagi, setelah ada ancaman dari pemilik tanah, bahwa sekolah akan ditutup, apabila permasalahan tanah belum juga menemukan jalan keluar.

“Permaasalahan tanah SDN Sukadaya 02 sudah dari puluhan tahun yang lalu, sekarang pemilik tanah mengancam akan menututup saat ketemu saya, dan sudah beberapa kali mengajukan permohonan, bahkan sudah sampai ke Bapeda, tetapi belum ada titik terangnya,” ucap Yarpan belum lama ini.

Melihat hal itu,Ketua PGRI Kecamatan Sukawangi membenarkan bahwa banyak sekolah tingkat dasar dan menengah pertama yang tidak laik. Karena, setiap musim hujan datang mengalami kebanjiran, terutama di halaman sekolah, sehingga aktivitas sekolah pun terganggu.

“Sampai sekarang, bangunan sekolah tidak laik dan kerap banjir. Masih ditempati karena kebutuhan. Kalau cuaca tidak mendukung, maka siswa dan guru keluar kelas, karena takut terjadi hal-hal yang tak diinginkan,” terang Ketua PGRI Kecamatan Sukawangi, Moh Safei beberapa waktu lalu. (cr37)

Tags
Close