Berita Utama

Kaji Solusi Banjir Kiriman

Radarbekai.id – Pemkot Bekasi tengah mengkaji solusi untuk mencegah banjir kiriman. Pasalnya, sejumlah wilayah di Daerah Aliran Sungai (DAS) Kali Bekasi kerap terendam air tanpa adanya hujan di Kota Bekasi.

Penyebabnya ialah tingginya curah hujan yang terjadi di Bogor. Alhasil, masyarakat Kota Bekasi yang menjadi korban.

“Masih dicari (solusi jangka panjang), masyarakat harus jadi prioritas utama bagi kita,” kata Pjs Wali Kota Bekasi, Ruddy Gandakusumah kepada Radar Bekasi, Senin (5/3).

Ruddy mengatakan, yang menjadi persolan utama terjadinya banjir kiriman di Kota Bekasi ialah kontur wilayah yang berada di hilir. Kemudian, alih fungsi lahan menjadi perumahan karena banyaknya perpindahan penduduk ke Kota Bekasi.

“Tipografinya kan sudah dari dulu seperti ini, artinya memang rendah, fungsinya kan berubah, kebanyakan sudah terlanjur perumahan. Kan kita enggak bisa kembali ke belakang kan, cepat atau lambat karena jumlah penduduk yang masuk banyak mau enggak mau kan jadi harus menempati lahan itu,” tambahnya.

Kata dia, pihaknya akan hadir untuk memberikan solusi dan bantuan kepada masyarakat Kota Bekasi. “Pemerintah Kota Bekasi sudah banyak melakukan upaya – upaya, diantaranya pmbuatan polder, perluasan drainase, peralihan fungsi yang lainnya, itu bisa kita lakukan,” jelasnya.

Ruddy menjelaskan, di aliran Kali Bekasi ada tiga pengelola yaitu Perum Jasa Tirta (PJT) Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC) dan Pemkot Bekasi.

“Sejauh ini alhamdulilah saya juga sudah tepat dengan PJT dengan BBWS, ada satu komitmen yang sama untuk bagaimana SOP bisa berjalan,” ujarnya.

Salah satu langkah yang diperkirakan aka menjadi alternatif ialah peninggian tanggul di lokasi yang terdampak banjir kiriman. Namun, hal itu akan dikaji terlebih dahulu oleh Pemkot Bekasi.

“Apakah tanggul perlu ditinggikan, tergantung kebutuhan nanti secara teknis. Apakah solusinya itu kan belum tahu, bisa saja tanggul ditinggikan sementara aliran masih tetap kesana, ini yang harus kita selesaikan,” tandasnya.

Sebelumnya diketahui, ratusan Kepala Keluarga di bantaran Kali Bekasi terendam banjir akibat kiriman dari Bogor. Pemkot Bekasi hadir memberikan bantuan logistik kepada masyarakat. (neo)

Tags
Close