Metropolis

Normalisasi Polder Air Mustikajaya

Radarbekasi.id – Polder Air yang terletak di Perumahan Mutiara Gading Timur, Mustikajaya perlu dilakukan normalisasi. Polder air yang sudah ada perlu dilakukan pelebaran supaya air tidak meluap ke pemukiman warga Kota dan Kabupaten Bekasi.

Sejauh ini polder air mengalami pendangkalan dan banyak ditumbuhi tumbuhan liar. Kondisi ini membuat lokasi tersebut kerap terendam banjir karena tidak maksimalnya polder menampung debit air.

Pjs Wali Kota Bekasi, Ruddy Gandakusumah mengatakan, pihaknya mengintruksikan dinas terkait untuk melakukan pengurukan. Ia juga akan berkomunikasi dengan Pemkab Bekasi. Karena, warga Kabupaten Bekasi juga terdampak luapan Polder air tersebut.

“Saya akan ketemu, memperkenalkan diri sekaligus presentasi, mudah – mudahan beliau mendapatkan informasi yang utuh mengenai apa yang bisa untuk dikerjasamakan. Ini bukan hanya untuk kepentingan Kota, tapi warga Kabupaten juga. Karena melintas ke Kabupaten,” kata Ruddy kepada Radar Bekasi di lokasi tersebut, Selasa (6/3).

Menurut dia, area penampungan air tersebut sudah tidak memadai berdasarkan pengamalan banjir yang merendam warga. Untuk penyelesaiannya maka polder air harus diperluas.

“Jangka pendek kita melakukan pengerukan, jangka panjang kita pelebaran. Dan nanti negosiasi dengan pengembangnya akan dilakukan oleh PUPR. Saya kasih isyarat satu minggu ini sudah ada kabar, kalau memang belum ada penyelesaian saya akan undang secara baik – baik,” jelas Ruddy.

Kepala Bidang Sumber Daya Air pada DBMSDA Kota Bekasi Yudi mengatakan, pihaknya sudah lama mengagendakan pengerukan. Tapi, karena keterbatasan alat dan ada persoalan di titik lain sehingga pihaknya belum sempat melakukan pengerukan.

“Karena jadwalnya agenda alat berat kami kan menyebar juga kemana – mana posisinya. Karena kesana sudah wilayah Kabupaten Bekasi,” ujarnya. (neo)

Tags
Close