Berita Utama

‘Angin Kebo’ Rusak 22 Rumah di Kaliabang

Radarbekasi.id – Sebanyak 22 rumah di RT 03 dan RT 04 dan RT 05, RW 04, Kelurahan Kaliabang Tengah, Bekasi Utara, rusak diterpa angin puting beliung, Rabu (7/3). Saat angin besar itu merobohkan puluhan rumah, tidak ada hujan saat bersamaan.

Korban puting beliung, Dewi (49) menceritakan, kejadian berawal ketika ia sedang berdagang gorengan di depan rumah. “Anginnya besar kayak kebo, warna hitam, berputar di dalam rumah sekitar lima detik, dari arah belakang,” cerita Dewi.

Ia tidak menyangka kejadian tersebut karena tidak ada hujan. Untungnya, tidak ada orang di dalam rumah dia. “Suami saya lagi adzan, kaget pokoknya, ini pertama kali, anak saya pada kedorong angin, banyak yang nangis, serem,” katanya.

Dewi berharap supaya pemerintah dapat turun tangan memperbaiki rumah yang atapnya saat ini menggunakan terpal yang dipasang karang taruna setempat.

Warga lainnya, Matni (63) menderita luka-luka di punggung bagian bawah. Kaki sebelah kirinya terkena atap. “Saya lagi di pos. Tahu-tahu ada angin kencang saya langsung lari ke depan sana (jalan utama), tahu – tahu tertiban genteng,” tambahnya.

Ketua Karang Taruna RW 04, Rosiy mengatakan, rumah yang terdampak antara lain RT 03 ada 10 rumah, di RT 04 ada 11 rumah dan RT 05 satu rumah.

“Ada yang asbes dan ada yang tembok atapnya roboh. Ada yang temboknya yang retak sampai atap hilang semua,” katanya.

Camat Bekasi Utara, Lukmanul Hakim menyatakan, pihaknya akan berkomunikasi dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait untuk penanggulangan bencana tersebut.

Pihaknya juga telah mendapatkan data dari RT dan RW setempat. “Sudah komunikasi dengan dinas terkait, ada 22 rumah namun ada kerusakannyq ada yang ringan ada yang berat,” ucapnya.

Ia berharap supaya warga mendapatkan informasi terkait dengan bantuan tersebut sesegera mungkin. “Mudah – mudahan besok ada kabar baik, apa bantuan itu berupa barang atau uang,” ujarnya.

“Semoga jangan sampai terlalu lama, karena sekarang kan musin hujan juga, semoga sesegera mungkin,” sambungnya.

Berdasarkan pantauan, puing – puing rumah diperbaiki oleh BPBD Kota Bekasi, Tagana bersama dengan Karang Taruna setempat. Kepala Dinas Sosial Kota Bekasi juga berada di lokasi untuk melakukan pemantauan. (neo)

Close