Jurnalisme Warga

Golkar, Pecundang yang Tak Terkalahkan

Oleh: Derek Manangka

Radarbekasi.id – DI tengah masih tajamnya sorotan terhadap DPR RI yang memproduksi UU kontroversil seperti UU MD3, sebuah buku baru tentang Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo, segera diluncurkan oleh penerbit terkemuka Gramedia Pustaka Utama.
Draft cover, nya, terlampir di bagian kiri bawah tulisan ini.

Buku ini terbit bukan karena kemauan Bamsoet – sapaan akrabnya – apalagi dimaksudkan dalam rangka pencitraan dirinya yang berhasil menggantikan Setyo Novanto – seorang politisi flamboyan.

Buku ini murni sebuah respon dari sejumlah wartawan Angkatan 80-an dan kolega Bamsoet yang ‘ditangkap’ oleh seorang Jurnalis senior.

Namun karena politik Indonesia sejauh ini masih diwarnai oleh berbagai kontroversi, maka terbitnya buku Senandung Jurnalis Dalam Tembang Politisi, juga bisa mengungkap sejumlah kontroversi politik.

Isinya merupakan sebuah kompilasi. Mulai dari perspektif, reaksi, ulasan sampai dengan testimoni dari berbagai kalangan terhadap kiprah Ketua DPR RI Bambang Soesatyo, saat politisi Golkar ini menjadi jurnalis di era represif dan otoriter, lebih dari 30 tahun lalu.

Tentu saja, termasuk pengakuan Bamsoet bagaimana sulitnya menjadi wartawan dari sebuah media yang tidak dikenal punya reputasi saat itu: harian ‘Prioritas’.

Generasi baru wartawan yang tidak pernah mengalami kehidupan pers yang terkekang, melalui buku ini bisa melihat demikian sempitnya ruang gerak wartawan dalam melakukan kontrol sosial.

1 2 3 4 5Laman berikutnya
Tags
Close