Pendidikan

Sekolah Waswas Listrik Padam

Radarbekasi.id – Pelaksanaan ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tinggal tinggal menghitung hari. Jika tidak ada halangan, akan dilaksanakan pada 2 higga 5 April mendatang. Namun, sejumlah sekolah mengaku tidak tenang. Mereka khawatir listrik akan padam saat ujian berlangsung.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum SMKN 8 Bekasi Hikmah Tuloh mengatakan, kemungkinan gangguan yang terjadi pada pelaksanaan UNBK di SMKN 8 Bekasi adalah instalasi listrik dan jaringan internet yang lambat, sehingga mengganggu pelaksanaan UNBK.

“Pertama listrik, yang kedua internet. Antisipasinya kita buat surat permohonan ke PLN untuk tanggal-tanggal yang kita pakai UNBK jangan ada pemadaman. Internet kita juga bikin surat permohonan minimal ada back up untuk tanggal-tanggal pelaksanaan,” ujarnya.

Dia berharap kepada PLN untuk mengantisipasi kemungkinan yang terjjadi pada instalasi listrik.”kalau listrik untuk sewa genset tidak mampu karena terlalu mahal, kita udah berharap sama PLN saja mudah-mudahan listriknya tidak padam. Kita ada tiga meteran listrik dari sumber yang berbeda, dari perumahan 2 tiang dari kampong satu tiang. Nah yang dari kampong itu agak bermasalah karena tegangannya turun naik. Persiapan kita 99% siap Cuma yang satu persen itu listrik dan internet. Cuma satu persennya itu yang menentukan pelaksanaannya bisa sukses atau tidak,” tegasnya.

Sementara itu, Gladi bersih Ujian Nasional Berbais Komputer (UNBK) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang dilaksanakan di Kota Bekasi mengalami beberapa kendala dalam pelaksanaannya. Gladi bersih UNBK yang diadakan mulai tanggal 5 sampai dengan 7 Maret 2018 itu diwarnai keterlambatan server dan tidak tersedianya soal Kejuruan bagi beberapa sekolah.

Hikmah membenarkan ketidak tersediaannya soal bagi beberapa sekolah kejuruan di Kota Bekasi. Hal tersebut menurutnya terjadi pada beberapa sekolah yang sudah menggunakan kurikulum 2013.

“Kita Lengkap, mungkin dari pusat persiapannya kurang. Benar kabar itu ada, jadi kebanyakan yang kurikulum 2013 belum siap soalnya. Karena kita masih pakai KTSP jadi lengkap. Ada edaran kemarin ada beberapa kompetensi yang soalnya tidak ada, kayanya K13 kebanyakan” ujarnya.

Penanggung jawab gladi besih UNBK SMKN 6 Kota Bekasi Mia mengaku, sudah mendapat pemberitahuan pada web UNBK terkait dengan tidak tersedianya mapel kejuruan bagi beberapa sekolah.

Selain itu ia menuturkan tahun lalu sekolahnya juga mengalami masalah pada teori kejuruan. “Tidak kalau di SMKN 6 tiga mapel, karena memang di web UNBK nya itu sendiri sudah disampaikan informasinya tidak semua sekolah mendapatkan teori kejuruan jadi hanya beberapa sekolah saja. Kalau di SMK 6 tahun lalu teori kejuruannya ada masalah jurusan perbankan dan RPL jadi kita susulan. Tahun lalu jurusan RPL itu 40 soal yang keluar hanya sopuluh soal,” ujarnya.

Salah satu sekolah yang tidak mendapatkan soal gladi bersih teori kejuruan adalah SMKN 3 Kota Bekasi. Kahirnya, gladi bersih UNBK di SMKN 3 Kota Bekasi hanya dilakukan selama dua hari. “Iya tidak ada, setahu saya di web itu ada yang gladi ada yang tidak. Apa karena kurikulum yang dipake beda atau karena apa saya kurang tahu,”kata Wakasek Kurikulum SMKN 3 Kota Bekasi Yuni. (cr38)

Tags
Close