Metropolis

Distanikan Vaksin Ratusan Ekor Hewan

Radarbekasi.id – Sebanyak 528 ekor kucing dan anjing telah divaksinasi rabies dalam rangkaian HUT Kota Bekasi ke – 21 oleh Dinas Pertanian dan Perikanan. Vaksinasi tersebut dilakukan sejak tanggal 4 hingga 11 Maret 2018 lalu.

Nantinya, vaksinasi tersebut akan kembali dilanjutkan pada bulan Juli sampai dengan Agustus 2018. Pasalnya, masih ada sekitar 4.000 ekor kucing dan anjing di Kota Bekasi yang belum divaksinasi rabies.

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan pada Dinas Pertanian dan Perikanan (Distanikan) Satia Sriwijayanti mengatakan, jumlah populasi kedua hewan itu mencapai 4000 dengan jumlah kucing lebih banyak.

“Target kami 2.000 ekor anjing dan kucing akan divaksin di tahun ini pada bulan Juli dan Agustus,” kata Satia, Senin (12/3).

Ia menjelaskan, kedua hewan itu harus divaksinasi rabies untuk mencegah penularan yang dapat membahayakan nyawa manusia.

Penularan virus rabies melalui gigitan dapat menyebabkan kematian. Selain itu, binatang yang terinfeksi virus tersebut hanya memiliki sisa usia 14 hari.

Pemerintah Kota Bekasi telah mengalokasikan 1000 dosis vaksin untuk kegiatan tersebut. Dan, mendapatkan bantuan 1000 dosis vaksin dari pemerintah pusat.

“Kita ini (Indonesia) belum bebas dari penyakit rabies sehingga pemerintah pusat turun tangan. Namun berdasarkan laporan, sejauh ini belum ada warga yang terjangkit virus rabies di Kota Bekasi,” tuturnya.

Ia menjelaskan, ciri – ciri hewan yang terjangkit virus rabies adalah penampilannya lusuh, bermata merah, takut dengan sinar matahari dan terlihat liar. Selain itu, memiliki hasrat yang tinggi untuk menggigit hewan lain, bahkan manusia.

Jika melihat kucing dan anjing dengan ciri – ciri demikian, warga diimbau untuk melapor. Pihaknya akan mengkarantina hewan tersebut. (neo)

Related Articles

Back to top button