Metropolis

Angka Kejahatan Capai 17 Ribu Kasus

Angka Kejahatan Capai 17 Ribu Kasus

Radarbekasi.id – Sebanyak 17.898 kasus kejahatan terjadi di Kota Bekasi sepanjang tahun 2013 sampai tahun 2017. Angka tersebut cenderung menurun dibanding jika dibandingkan kejahatan lima tahun sebelumnya.

Angka kejahatan pada tahun 2013 mencapai 4133 kasus, tahun 2014 mencapai 3941 kasus, tahun 2015 ada 3612 kasus, tahun 2016 mencapai 3632 kasus dan tahun 2017 hingga 2580 kasus. Yang paling menonjol adalah kasus pencurian kendaraan roda dua dan penipuan.

“Selama lima tahun terakhir kami rekam angka kejahatan sebanyak 17.898 kasus dari tahun 2013 sampai 2017,” kata Kapolres Metro Bekasi Kota Kombes Indarto, Selasa (13/3).

Ia mengatakan, setiap hari ada laporan dari warga ke Sentra Pelayanan Kepolisian (SPK) di seluruh polsek dan SPKT di Polres Metro Bekasi Kota. Tingginya angka kejahatan di Kota Bekasi disebabkan karena wilayah setempat merupakan daerah heterogen yang dihuni oleh beragam latar belakang masyarakat.

Indarto mengatakan, pihaknya melakukan pengamanan dan pengawasan secara optimal di 12 kecamatan dan 56 kelurahan di Kota Bekasi untuk meminimalisir terjadinya kejahatan.

Hal itu terbuukti denngan dilaksanakannya patroli malam bagi seluruh anggota unit di polsek dan satuan di polres dengan melakukan operasi Cipta Kondisi (Cipkon).

Kasubag Humas Polres Metro Bekasi Kota, Kompol Erna Ruswing mengatakan, pihaknya memiliki sejumlah cara untuk mewujudkan wilayah yang kondusif. Yakni dengan melakukan penindakan secara pre-emtif, preventif dan represif. “Kita lebih tekankan sikap pre-emtif dan preventif,” katanya.

Ia memaparkan, upaya pre-emtif dilakukan dengan membentuk agen sosilasiasi di tengah masyarakat. Upaya preventif, kata Erna, dilakukan dengan meningkatkan patrol di titik rawan. “Terakhir kita lakukan upaya represif dengan menangkap penjahat,” tutupnya. (neo)

Related Articles

Back to top button