Metropolis

OPD Diminta Aktif Wujudkan KLA

Radarbekasi.id – Kepala Bidang Pemenuhan Hak Anak Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Bekasi, Rita Hartati, meminta agar Organisasi Perangkat Daerah (OPD) bersama mewujudkan Kota Laik Anak (KLA) di Kota Bekasi.

Hal itu disampaikannya dalam rapat koordinasi pembinaan Tim Gugus Tugas dan Evaluasi Kota Laik Anak tahun 2018 di salah satu gedung pertemuan, yang terletak di Jalan Kemakmuran, Bekasi Selatan, Selasa, (13/3).

Tim gugus sendiri merupakan bagian dari OPD yang memiliki peranan memberikan pemenuhan hak kepada anak.

Sejauh ini sudah ada beberapa OPD yang konsen mewujudkan kota laik anak dengan penambahan fasilitas.

“Contohnya Dinkes yang punya puskes ramah anak ada lima, tahun ini 11. Atau tahun lalu sekolah ramah anak baru ada empat, tahun ini sudah signifikan penambahannya sebanyak 60. Artinya kepala sekolahnya memiliki komitmen untuk memberikan pemenuhan kepada anak melalui indikator yang harus mereka penuhi,” terang Rita Hartati memberikan pemahaman.

Menurutnya, dari pembinaan ini nantinya akan terus dikembangkan. Strategi tim melakukan upaya pemenuhan terhadap 31 indikator hak anak melalui lima kluster. Lima kluster tersebut diantaranya, catatan sipil dan kebebasan, pengaduan alternatif, kesehatan dan kesejahteraan, pendidikan, pemanfaatan waktu luang serta seni budaya dan kelima perlindungan khusus.

Agenda tersebut juga dihadiri perwakilan OPD terkait dengan gugus tugas, Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), masyarakat, pembicara dari provinsi jawa barat bidang pemenuhan hak anak dan dari kementerian bidang tenaga ahli terkait dengan penilaian verifikasi pemenuhan hak anak.

Targetnya, semua yang disampaikan bisa diterima dengan baik oleh tim gugus tugas hingga ke wilayah kelurahan dan kecamatan.

“Jadi mereka harus memahami tugas mereka dalam rangka pemenuhan hak anak di kota bekasi yang kaitannya mewujudkan Kota Bekasi sebagai kota laik anak, jangan sampai hak mereka di langgar atau tidak di berikan,”tandasnya. (pay)

Related Articles

Back to top button