Berita Utama

Ruddy Gandakusumah Pimpin Kota Bekasi

Radarbekasi.id – Kepala Badan Kesbangpol Jawa Barat, Ruddy R. Gandakusumah diangkat menjadi Penjabat Wali Kota Bekasi, Selasa (13/3). Ia dilantik dan diambil sumpahnya oleh Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan di Aula Gedung Sate, Kantor Gubernur Jawa Barat.

Direktur Jenderal Otonomi Daerah pada Kementrian Dalam Negara, Sonny Sumarsono mengatakan, Ruddy ditunjuk sebagai penjabat Wali Kota Bekasi. “Pak Ruddy sampai dengan tanggal 20 September 2018,” kata Sonny saat dihubungiRadar Bekasi kemarin.

Sebelumnya, Ruddy Gandakusumah merupakan Pejabat Sementara (Pjs) Wali Kota Bekasi. Ia bertugas sejak 15 Februari sampai dengan 10 Maret 2018.

Sebelum menjadi Pjs, Sonny mengatakan, ada sejumlah alasan pihaknya mengangkat Ruddy sebagai Pjs Wali Kota Bekasi. Diantaranya ialah, Ruddy dinilai memiliki kompetensi.

“Sangat senior dan secara administratif memenuhi syarat sebagai pejabat JPT (Jabatan Pimpinan Tinggi) Pratama Pemprov Jabar,” tambahnya.

Pelantikan penjabat kepala daerah dan pengambilan sumpah jabatan oleh gubernur berdasarkan Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 131.32-408 tahun 2018 tentang pengangkatan Penjabat Walikota Bekasi. Ia dilantik bersama dengan Penjabat Bupati Purwakarta.

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mengatakan sebagaimana dimaklumi, masa jabatan Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi dan Wakil Wali Kota Bekasi Ahmad Syaikhu telah berakhir pada 10 Maret 2018.

Maka, sesuai pasal 201 ayat (10) Undang-Undang No 16 Tahun 2016 bahwa untuk mengisi kekosongan jabatan Bupati/Walikota diangkat Penjabat Bupati/Walikota yang berasal dari jabatan pimpinan tinggi pratama sampai dengan pelantikan Bupati dan Walikota sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

“Saya harap Penjabat Walikota Bekasi dan Penjabat Bupati Purwakarta mampu menjamin kelancaran penyelenggaraan pemerintahan di masing-masing daerah yang dipimpinnya. Selanjutnya laporkan pelaksanaan tugas secara periodik per tiga bulan kepada Mendagri melalui Gubernur ,” kata Gubernur Jabar Ahmad Heryawan.

Aher juga berharap supaya kedua penjabat kepala daerah itu mampu melaksanakan tugas dan wewenangnya sesuai aturan perundang-undangan yang berlaku. “Termasuk mengawal pelaksanaan Pemilukada Serentak 2018 agar tertib, lancar dan kondusif. Menjaga kondusif dimasyarakat dan pentingnya netralitas ASN dalam pilkada,” ungkap Ahmad Heryawan. (neo)

Related Articles

Back to top button