BisnisMetropolis

Pemkot Fasilitasi Perajin Boneka

Radarbekasi.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi, menggelar Festival Boneka di Pasar Proyek Trade Center Bekasi, bekasi timur. Kegiatan yang dilaksanakan sejak tanggal 17 hingga 18 Maret 2018 tersebut, diikuti para pelaku usaha boneka dan juga komunitas.

Festival yang digagas Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Bekasi itu, menyuguhkan berbagai kegiatan mulai dari lomba mewarnai, fashion show, galeri boneka, workshop membuat boneka, serta dongeng boneka.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag), Makbullah mengatakan sektor industri kreatif dan kerajinan mempunyai peranan yang cukup siginifikan bagi pertumbuhan ekonomi. Di kota bekasi, katanya, tercatat kurang lebih 300 UKM boneka.

”Saya berharap melalui kegiatan ini dapat menjadi sebuah sarana peningkatan motivasi bagi pengembangan sektor usaha industri kecil dan menegah di Kota Bekasi khususnya industri Boneka,” terang Makbullah.

Selain itu juga, menurutnya, bisa dijadikan salah satu ajang promosi produk boneka,”Melalui acara ini dapat juga sebagai ajang promosi bagi para pelaku IKM Kota bekasi, serta menjadi city branding Bekasi sebgai Kota penghasil Boneka.” ujarnya.

Pemerintah kota Bekasi saat ini sudah memiliki maskot Kota Bekasi yakni Boneka Bang Bek dan Mpok Asih yang terus kita perkenalkan dan sosialisasikan kepada masyarakat. Melalui maskot Kota Bekasi tersebut, kata Makbullah, diharapkan kedepannya bisa memantik kreatifitas para pelaku industri boneka di Kota Bekasi.pungkasnya

Dia menambahkan, Boneka Bang Bek dan Mpo Asih resmi mendapat Hak Cipta berdasarkan Surat Pencataan Ciptaan yang dikeluarkan Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia melalui Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kemenkumham RI yang di tandatangi oleh Dirjen HAKI, Freddy Harris per tanggal 15 febuari 2018.

Bang Bek ialah sebutan untuk boneka pria dengan gaya jagoan asal bekasi dengan kostum pangsi hitam dan sendal yang tentunya dengan kumis “baplang” melambangkan jawara bekasi, untuk boneka perempuan khas Kota Bekasi di beri nama dengan Mpok Asih, yang menggunakan kostum encim untuk melambangkan wanita asal Kota Bekasi.

Pemberian Surat Pencataan Ciptaan ini sudah mendapat persetujuan dari pencipta Boneka Bang Bek dan Mpo Asih yakni Anton Nugroho yang selanjutnya diberikan kepada Pemerintah Kota Bekasi sebagai pemegang Hak Cipta boneka Bang Bek dan Mpo Asih dengan jenis ciptaan “Seni Gambar” dan Judul Ciptaan ” Bang Bek & Mpo Asih”.

Dijelaskan dalam surat Kemenkumham RI tersebut, Surat Pencataan Hak Cipta atau Produk Hak terkait ini sesuai dengan pasal 72 Undang-undang Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta dimana hak cipta tersebut memiliki jangka waktu perlindungan yang berlaku selama 50 (lima puluh) tahun sejak ciptaan tersebut pertama kali dilakukan pengumuman. (adv/humas)

Related Articles

Back to top button