Olahraga

Wibawamukti Dipasang Rumput Zoysia Matrella

Persiapan Asian Games 2018

Radarbekasi.id – Stadion Wibawamukti Kabupaten Bekasi yang akan digunakan untuk perhelatan Asian Games 2018 terus dibenahi. Hingga saat ini, beberapa fasilitas penting standar internasional coba dipenuhi.

Salah satunya rumput yang akan ”menempel” di Stadion kebanggaan masyarakat Kabupaten Bekasi, kini menggunakan jenis rumput Zoysia Matrella.

Di dunia sepak bola, rumput Zoysia matrella dijadikan FIFA sebagai standarisasi rumput stadion sepak bola bertaraf internasional.

“Sejumkah perbaikan kini tengah dijalani, salah satunya adalah proses pergantian rumput dengan jenis yang baru. Jika sebelumnya stadion Wibawamukti menggunakan rumput Bermuda, kini diganti menjadi rumput kelas 1 standar FIFA, yakni Zoysia Matrella, dan bisa maksimal Agustus (Pengerjaan),” ujar, Denny Rusnandi Kepala Bidang Sarana dan Prasarana (Sapras) Disbudpora Kabupaten Bekasi

Denny mengatakan, proses pergantian rumput diprediksi selesai di bulan Mei 2018 mendatang. Disambung dengan pemotongan pertama dan perawatan selama dua bulan lamanya.

“Untuk rumput inikan sudah tergelar semua dan dalam waktu dekat akan ada first cut atau pemotongan pertama. Target sih mungkin dua bulan lagi selesai untuk perbaikan rumputnya. Itu udah ijo semua dan rata,” katanya.

Menurut dia, rumput jenis ini bukan rumput sembarangan. Selain Stadion GBK, sejumlah markas tim sepakbola dunia juga menggunakan rumput jenis ini.

“Kalau pakai rumput ini kecepatan bola akan konstan, stabil termasuk perawatannya itu lebih gampang,” ucapnya.

Untuk memacu pertumbuhan rumput yang diganti, pihaknya memastikan rumput yang telah ditanam akan terus disiram dan dilakukan perawatan sehingga Stadion Wibawamukti sudah siap digunakan sebelum Asian Games dibuka pada bulan Agustus mendatang.

Perlu diketahui, selain mempertandingan cabang olahraga (cabor) Sepakbola, stadion yang berada di Desa Sertajaya Kecamatan Cikarang Timur itu juga akan menjadi venue cabor lainnya yakni Rugby Seven. (dan)

Related Articles

Back to top button