EventLife Style

DJP Ingatkan Wajib Pajak Lapor SPT

Radarbekasi.id – Direktorat Jenderal Pajak (DJP) menghelat kegiatan Spectaxcular di arena Car Free Day (CFD) Ahmad Yani, Minggu (18/3). Kegiatan ini merupakan bentuk kampanye simpatik secara nasional untuk mengkampanyekan pembayaran pajak melalui e-Billing dan pelaporan pajak melalui e-Filling.

Kegiatan yang dikemas dalam bentuk jalan sehat dan senam di hari bebas kendaraan ini merupakan kolaborasi antara dua kantor pajak, yakni DJP Kantor Wilayah Jawa Barat II dan DJP Kantor Wilayah Jawa Barat III. Berbagai hadiah doorprize, mulai dari perangkat elektronik sampai sepeda motor diberikan kepada para peserta beruntung yang mengikuti kegiatan tersebut.

Selain itu, ada Pojok Pajak yang memberikan berbagai layanan seputar perpajakan. Mulai dari pembuatan nomor efin, pelaporan SPT Tahunan melalui e-Filling serta konsultasi berbagai masalah perpajakan.

Kepala Bidang Pelayanan dan Penyuluhan Hubungan Masyarakat Kanwil DJP Jabar III, Mahdaniar, mengimbau kepada seluruh wajib pajak, khususnya di lingkungan Kantor Wilayah DJP Jawa Barat III seperti Kota Bekasi, Kota Bogor, Kota Depok, dan Kabupaten Bogor, untuk segera melaksanakan kewajiban perpajakannya. Menurut dia, dari total wajib pajak di wilayahnya yang wajib lapor SPT Tahunan melalui e-Filling, hingga saat ini baru sekitar 40 persen.

“Jadi untuk wajib pajak yang belum menyampaikan Surat Pemberitahuan Pajak (SPT) Pajak Penghasilan (PPh) Wajib Pajak Orang Pribadi 2017, tolong segera. Karena batas akhir 31 Maret,” ujar Mahdaniar.
Menurut dia, melalui kegiatan tersebut diharapkan dapat meningkatkan jumlah WP yang menyampaikan SPT Tahunan melalui e-Filling. Mahdaniar menyarankan, penyampaian SPT melalui e-Filling sebaiknya jangan dilakukan saat mendekati waktu masa berakhir.

“Penyampaian SPT Tahunan melalui e-Filling sebaiknya jangan dilakukan diakhir. Karena dikhawatirkan aplikasinya agak susah, jadi lebih baik sekarang-sekarang ini,” tukasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Bidang Pelayanan dan Penyuluhan Hubungan Masyarakat Kanwil DJP Jabar II, Adilega Tanius, menyampaikan total wajib pajak di Kantor Wilayah DJP Jawa Barat III yang meliputi wilayah Kabupaten Bekasi sampai Cirebon berjumlah 1.977.034 WP. Rinciannya terdiri dari, 106 ribu WP badan usaha, 240 ribu WP orang pribadi usahawan dan 1.631. 034 WP orang pribadi karyawan.
Dari jumlah itu, target WP yang menyampaikan SPT Tahunan melalui e-Filling berjumlah 261.896 WP.
Rinciannya, terdiri dari 19.892 WP badan usaha, 18.169 WP orang pribadi usahawan, dan WP 223.835 orang pribadi karyawan.

Hingga saat ini, WP yang telah menyampaikan SPT Tahunan melalui e-Filling berjumlah 137.585 WP. Rinciannya, terdiri dari 3.027 WP badan usaha, 2.363 WP orang pribadi usahawan, dan 132.195 WP orang pribadi karyawan.

“Realiasi WP yang menyampaikan SPT Tahunan melalui e-Filling sudah diangka 53 persen. Melalui kegiatan ini, kami harap terus bergerak naik sampai batas waktu pelaporan,” terangnya. (oke)

Lebihkan

Artikel terkait

Close