Cikarang

Enam Pengoplos Miras Ditangkap

Radarbekasi.id – Satuan Reserse Narkoba Polres Metro Bekasi menangkap enam pelaku pengoplos dan penjual minuman keras (miras) dari dua tempat yang berbeda, yakni di Babelan dan Tambun Utara.

“Dari ke enam pelaku tersebut, yakni RS (29), T (40), AS alias E, SM alias S, SR dan AR, kami menyita sejumlah barang bukti, yakni 200 liter miras oplosan,” ujar Kepala Satnarkoba Polres Metro Bekasi, AKBP Ahmad Fanani.

Lanjut Fanani, pihaknya berhasil mengungkap penjulan miras oplosan itu berawal dari informasi masyarakat.

Sambung dia, berawal dari info tersebut, pihaknya kemudian melakukan giat cipta kondisi, dan dari lokasi tersebut ditemukan pedagang jamu yang menjual miras oplosan.

“Setelah dilakukan pengembangan, ditemukan sebanyak 200 liter miras oplosan dari lima lokasi,” kata Fanani di Mapolres Merto Bekasi, Senin (19/3).

Dijelaskan Fanani, cara pelaku melakukan oplosan tanpa ada pembelajaran khusus serta pengeatahuan tentang kadar kesehatan untuk miras oplosan.

”Pelaku mengoplos alkohol 95 persen, syrup, soft drink dengan ditambah air putih. Dan pelaku dinyatakan telah melanggar aturan hukum dan kesehatan, karena sudah ada korban jiwa yang meninggal dunia,” terangnya.

Sementara itu, salah satu pelaku AR mengakui, dirinya melakukan pengoplosan hanya berdasarkan pengetahuan dari rekan-rekan nya sesama penjual miras oplosan. Kata dia, setiap kemasan dijual seharga Rp10 ribu -R20 ribu.

”Tidak ada pembelajaran khusus, karena teman saya ada yang menjual miras oplosan juga, dan keuntungannya cukup lumayan, jadi saya ikut berjualan,” tuturnya di hadapan awak media.

Selanjutnya, untuk keenam pelaku tersebut dikenakan pasal 137 ayat 1 Undang-Undang Pangan No.18 Tahun 2013 Jo pasal 204 ayat 1 KUHP. Dalam hal ini, berarti keenam pelaku dapat diancam hukuman dengan batas maksimal lima tahun kurungan penjara atau denda sebanyak Rp10 juta. (and)

Related Articles

Back to top button