Cikarang

Dinkes Targetkan Seluruh Puskesmas jadi BLUD di 2019

Radarbekasi.id – Pemkab Bekasi melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) menggelar sosialisasi tentang Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) kepada seluruh kepala Puskesmas yang ada di Kabupaten Bekasi.

Kepala Dinas Kesehatan, Sri Enny mengatakan sosialisasi BLUD ini nanti ke depannya Puskesmas bisa menjalankan pola keuangan BLUD. Sehingga dalam penggunaan anggaran tidak lagi melalui dinkes.
“Ada tujuan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dari sisi administrasinya. Dan dalam hal ini kepala puskesmas juga bisa lebih inovatif dalam peningkatan pelayanan public di bidang kesehatan,” ujarnya kepada awak media, Selasa (20/03).

Perempuan yang karib disapa Enny ini menjelaskan, proses menuju BLUD diharapkan maju bersama, kerja bersama, lalu suksesnya bersama. Kata dia, para pimpinan puskesmas diharapkan bisa punya komitmen yang sama, yakni siap bergerak dengan sikap yang sama membangun organisasi agar lebih baik lagi.

Kesiapan Puskesmas menuju BLUD, kata Enny, sejak tahun kemarin puskesmas yang ada di Kabupaten Bekasi memang menginginkan dijadikan BLUD. “Sepertinya seluruh puskesmas yang ada di Kabupaten Bekasi sudah siap untuk maju dalam layanan BLUD,” imbuhnya

Sebelum diubah menjadi BLUD, imbuhnya, perlu dilakukan dahulu pendampingan dan pengawalan dari Badan Pemeriksaan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) sebelum mengubah status menuju BLUD. Hal tersebut terkait rencana atau ada dokumen yang harus dipersiapkan komitmennya di saat bergerak di tahun ini.

“Insya Allah tahun 2019 baru bisa jalan. Untuk target pembentukan diyakini sepanjang proses tahun 2018. Harapannya tentu puskesmas harus lebih baik lagi memberikan pelayanan kesehatan untuk masyarakat,” pungkasnya. (and/adv)

Lebihkan

Artikel terkait

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker