Metropolis

KPP Pratama Pondokgede Gelar Business Development Services

Radarbekasi.id – Para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) memiliki peran penting untuk keberlangsungan ekonomi suatu wilayah. UMKM yang tumbuh dan berkembang akan berdampak besar untuk pembangunan bangsa lewat kontribusi pajak yang mereka bayarkan.

Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Pondokgede memahami betul besarnya kontribusi UMKM dalam membangun bangsa lewat pajak yang mereka bayarkan. Karena itu, unit usaha sektor riil ini mendapat pendampingan dan bimbingan lewat sejumlah pelatihan dan sosialiasi. Diantaranya sosialisasi dan pelatihan UMKM di wilayah Pondokmelati.

Kepala KPP Pratama Pondokgede Sonny Agustinus mengungkapkan, pihaknya sangat berkepentingan UMKM di Kota Bekasi tumbuh dan berkembang. ’’Saya yakin jika pelaku UMKM di Pondokmelati besar dan berkembang, kewajiban untuk membayar pajak pun pasti akan ditaati,” ungkapnya dalam sambutan acara Sosialisasi dan Pelatihan UMKM di wilayah Pondokmelati, Kamis (22/3).

Sonny menambahkan, pihaknya tidak akan membebani para UMKM itu dengan pajak yang besar. ’’Yang penting mereka tumbuh dan berkembang dan sadar membayar kewajiban pajaknya, kami sudah sangat senang. Karena itu, sosialisasi dan pelatihan bagi UMKM ini sangat penting,’’ ujarnya.

Selain KPP Pratama Pondokgede, kegiatan sosialisasi dan pelatihan UMKM itu melibatkan aparatur di Pemkot Bekasi, dunia perbankan dan civitas akademika. Diantaranya Dinas Koperasi dan UMKM Kota Bekasi, Kecamatan Pondokmelati, Bank Rakyat Indonesia (BRI) dan Universitas Mercu Buana.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Bekasi, Drs.Karto, mengatakan tahun 2018 ini Kota Bekasi mencanangkan sebagai tahun Ekonomi Kreatif. Untuk itu, pihaknya menyiapkan para pelaku UMKM dapat meningkatkan kualitas dengan mengikuti pelatihan seperti ini.

Selain itu, lanjut Karto, kegiatan pelatihan UMKM ini akan mengarahkan para pelaku UMKM menjalankan bisnis dengan produk dan manajemen yang lebih profesional. Sehingga mampu mendongkrak penjualan mereka. ’’Kita juga ingin Kota Bekasi ini memiliki oleh-oleh khas Bekasi. Nah, mudah-mudahan UMKM ini berhasil,’’ paparnya.

Terpisah, Camat Pondokmelati, Ika Indah Yarti, menyatakan sangat apresiasi panitia penyelenggara dalam hal ini KPP Pratama Pondokgede. “Selain itu saya juga berterima kasih kepada ketua RT/RW dan pelaku usaha UMKM yang antusias mengikuti pelatihan ini, mudah mudahan bisa berkembang hingga menjadi besar UMKM yang mereka tekuni,” ungkapnya. (pay/adv)

Related Articles

Back to top button