Olahraga

Pusatkan Pembenahan Fisik di Pelatcab

Radarbekasi.id – Peningkatan fisik atlet menjadi prioritas Pengurus Cabang (Pengcab) Muay Thai Indonesia (MI) Kabupaten Bekasi pada program pemusatan latihan cabang (Pelatcab) nanti.

Pasalnya, dari hasil pantauan saat Babak Kualifikasi (BK) Pekan Olahraga Daerah (Porda) 2017 lalu, fisik para atlet masih perlu ditingkatkan untuk menunjang performa atlet saat bertanding.

Pelatih Fisik MI Kabupaten Bekasi, Jamiludin (40) menyatakan, untuk kemampuan atlet yang akan diterjunkan di porda sudah terukur. Dirinya mengklaim secara teknik setiap atlet sudah unggul dari wilayah lain.

“Fisik saat ini, masih kurang. Saya sudah siapkan materi khusus untuk peningkatannya,” ujarnya pada Radar Bekasi, Kamis (22/3).

Namun dalam pelaksanaannya, program tersebut terhambat karena anggaran yang belum diterima. Sejauh ini proses pelatcab masih tergantung pada anggaran dari Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Bekasi.

“Untuk latihan sendiri, dalam pemaksimalan ketahanan fisik cukup dengan beberapa bulan saja. Bila pelatcab di mulai setelah lebaran idul fitri, itu sudah sangat cukup,” jelasnya.

Jamiludin menjelaskan, untuk memaksimalkan kemampuan fisik tiap atlet akan diberikan media air, di kolam yang luas. Pelatih fisik yang juga mantan lifter ini menyebut, metode renang menjadi pilihan.

“Pertama itu, tapi ada schedule lainnya ada, sehingga atlet semakin maksimal,”pungkasnya. (dan)

Close