Berita Utama

Telkom Ajak Generasi Muda Peduli Budaya Nusantara

Radarbekasi.id – Guna mendukung peningkatan kualitas dan daya saing Usaha Kecil Menengah (UKM), PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) kembali mengadakan pameran Telkom Craft Indonesia yang berlangsung mulai Kamis 22 Maret hingga Minggu 25 Maret 2018 di Hall A & B Jakarta Convention Center.

Pameran ini dibuka oleh Menteri BUMN, Rini M. Soemarno bersama Deputi Bidang Usaha Jasa Keuangan Kementerian BUMN, Gatot Trihargo didampingi Komisaris Utama Telkom, Hendri Saparini dan Dirut Telkom, Alex J Sinaga serta dihadiri oleh Dirut dan jajaran Direksi BUMN.

Rini M. Soemarno mengapresiasi penyelenggaraan Telkom Craft Indonesia 2018 yang diselenggarakan oleh Telkom. Menurutnya, Telkom Craft Indonesia merupakan offline event Rumah Kreatif BUMN (RKB), yang merupakan wujud BUMN Hadir untuk Negeri dalam bentuk pembinaan UKM.

“Rumah Kreatif BUMN membantu mendampingi pelaku UKM meningkatan kualitas produk, pengemasan hingga siap dipasarkan baik secara offline maupun online,” papar Rini.

Sementara Direktur Utama Telkom, Alex J. Sinaga menerangkan, Telkom Craft Indonesia merupakan bagian dari Program BUMN Hadir untuk Negeri, khususnya pemberdayaan UKM dengan menyelenggarakan berbagai kegiatan dalam rangka peningkatan akses ke pasar, seperti yang akan dilakukan di Telkom Craft Indonesia selama empat hari kedepan.

Peserta Telkom Craft Indonesia 2018 ini merupakan UKM yang telah memenuhi tahapan pembinaan UKM di Rumah Kreatif BUMN, yaitu Go Modern, Go Digital, Go Online dan Go Global.

Setelah melalui proses seleksi kurasi yang menilai level of quality dan competitiveness dari produk, maka terpilihlah 400 UKM peserta yang terdiri dari 200 UKM Binaan Telkom, 150 UKM binaan BUMN lainnya dan 50 UKM dari berbagai komunitas dan asosiasi. Dengan banyaknya UKM yang turut serta, para pengunjung dapat menemukan kekayaan ragam budaya Indonesia yang tertuang dalam bentuk fashion, craft, dan food yang mewakili ciri khas masing-masing daerah dari seluruh penjuru Indonesia.

“Telkom Craft Indonesia 2018 mengusung kembali tema tahun sebelumnya, yaitu “Local Heroes to Global Champions”, dengan maksud agar UKM Indonesia dapat menghasilkan karya terbaik dan sekaligus berdaya saing, sehingga diharapkan dapat menembus pasar global,” ujar Alex.

Ada yang istimewa di Telkom Craft Indonesia 2018 kali ini. Selain menampilkan karya terbaik Nusantara melalui UKM binaan, Telkom juga mengajak seluruh anak bangsa terutama generasi muda untuk lebih peduli terhadap budaya Nusantara yang sangat kaya dan menjadi kebanggaan bangsa melalui program “Telkom Peduli Budaya Nusantara”.

Untuk menyemarakkan program tersebut, Telkom menghadirkan buku “Permainan Tradisional Anak Negeri”, stand Alun-alun Dolanan Anak serta stand Pendopo Peduli Budaya Nusantara. Selain itu, akan ditampilkan pula hasil audisi Negeri program Telkom Peduli Budaya Nusantara di lima kota besar Indonesia setiap hari.

“Telkom Craft Indonesia 2018 cukup istimewa, karena sebagai wujud nyata komitmen perusahaan untuk melestarikan budaya Nusantara. Pada kesempatan pembukaan Telkom Craft Indonesia 2018 ini, kami mengajak masyarakat untuk peduli dan bersama-sama ikut melestarikan budaya Nusantara,” imbuh Alex. (oke)

Related Articles

Back to top button