Pendidikan

Pramuka Harus Bermanfaat untuk Masyarakat

Radarbekasi.id – Keberadaan Pramuka, diminta harus bermanfaat untuk masyarakat banyak. Selain itu juga, berperan nyata untuk Kota Bekasi. Demikian ditegaskan Ketua kwartir Cabang (Kwarcab) Kota Beasi,  Rahmat Effendi saat membuka kegiatan diskusi yang diselenggarakan oleh Dewan Kerja Cabang  Kwartir Cabang Kota Bekasi (DKC Kwarcab) Kota Bekasi.

Kegiatan yang dilaksanakan di aula sekolah Global Persada Mandiri (GPM) Bekasi timur tersebut mengangkat tema dalam rangka HUT Kota Bekasi ke 21 mari kuatkan mindset dan peran nyata pramuka (pemuda) bagi kota Bekasi dan masyarakat.

Dihadapain ribuan n anggota Pramuka se Kota Bekasi, Rahmat Effendi berpesan agar Pramuka di Kota Bekasi mampu   untuk ikut serta dalam menjaga persatuan dan kesatuan NKRI serta menjadi pelopor dalam hal kebaikan.

“Anggota Pramuka harus menjadi pelopor dalam kebaikan. Selain itu yang paling penting,  mampu menjaga persatuan dan kesatuan Negara sepubli Indonesia,”paparnya.

Sementara itu, Ketua DKC Kwarcab Kota Bekasi Dwi Gustami menambahkan, dikusi dan seminar tersebu bertujuan untuk menguatkan maindset dan peran nyata pramuka bagi kota Bekasi dan masyarakat. Dirinya berharap setelah acaradiskusi ini pramuka Kota Bekasi dapat berperan serta untuk membangun kota Bekasi melalui gerakan pramuka.

“Tujuannya merumuskan dengan tema hari ini, mari kita kuatkan mindset dan peran nyata pramuka bagi Kota Bekasi dan masyarakat, karena ini merupakan bentuk pemikiran dan rancangan kami dalam rangka HUT Kota Bekasi yang ke 21. Diharapkan gol akhirnya kita mampu berperan serta membangun kota Bekasi melalui gerakan pramuka. Sub pembahasan dalam forum diskusi ini lebih kepada penanaman maindset bagaimana gerakan pramuka ini bisa mencptakan individu yang berkarakter dan anak muda yang ada di gerakan pramuka ini bisa berperan nyata bagi kota Bekasi, “ tandasnya.

Sepanjang kegiatan dilangsungkan Talk show interaktif bersama wakil ketua Kwarcab  gerakan pramuka Kota Bekasi Hadi Prayitno Salim, Wakil Ketua Kwarcab bidang bina muda Asri Bachtiar, perwakilan Kwarcab gerakan pramuka cabang Kabupaten  Bekasi dan DKC Nasional berbicara tentang peran pramuka untuk membangun kota Bekasi dan Masyarakat.

Sementara itu coordinator purna anggota DKC Bekasi raya, Hilaludin Yusri mengatakan, gerakan pramuka adalah lembaga yang disiapkan untuk menggodok masyarakat menjadi disiplin dan mampu berkontribusi dimanapun ia berada. Gerakan pramuka menurutnya mempunyai tantangan besar dalam menghadapi globalisasi dikota Bekasi yang notabene sebagai kota smart city.

“Gerakan pramuka itu ya dasa dharma, gerakan pramuka itu hanya sebagai lembaga untuk menggodok orang menjadi disiplin dan siap berkontribusi dimanapun ia berada. Tantangannya gerakan pramuka dikoa Bekasi yaitu ketika kota Bekasi meluncurkan slogan sebagai kota smart city dia punya tantangan bagaimana gerakan pramuka penegak dan pandega ini menghadapi globalisasi “ tegasnya. (cr38)

Tags
Close