Berita Utama

Warga Bekasi Diminta Hemat Energi

Radarbekasi.id – Komunitas Earth Hour Bekasi menargetkan bangunan di sepanjang Jalan Ahmad Yani, Bekasi Selatan, Kota Bekasi bisa ikut dalam gerakan pemadaman listirk pada tahun 2019 mendatang. Hal itu dilakukan dengan ikut mematikan lampu pada Pukul 20.30 – 21.30 di hari tertentu.

Di sepanjang Jalan Ahmad Yani, Kota Bekasi terdapat sejumlah bangunan seperti kantor pemerintahan, kawasan perkantoran dan juga pusat perbelanjaan.

“Kalau semua bisa ikut menghemat  energi tentu akan sangat baik,” kata Kordinator Earth Hour Bekasi, Mabni Salam, dalam kegiatan ceremonial switch off global 2018, Sabtu (24/3).

Pemadaman lampu di lakukan di tiga lokasi di Kota Bekasi. Tiga lokasi itu antara lain Hutan Kota, Piramida Summarecon dan Masjid Al-Barkah, Bekasi Selatan.

“Ini untuk ceremoni, kedepannya saya berharap supaya masyarakat ikut memadamkan lampu dan bisa menjadi pola hidup masyarakat Kota Bekasi,” tambahnya.

Menurut dia, dengan ikut menghemat energi masyarakat juga mendapatkan suatu hal baik untuk mereka. “Anak – anak juga bisa tidur lebih cepat kalau ada pemadaman,” ucapnya.

Ia menambahkan, pemerintah, masyarakat dan pelaku usaha perlu bersama – sama menghemat energi sebagai langkah awal. Saat ini beberapa pusat perbelanjaan telah melakukan langkah penghematan tersebut. Salah satu pusat perbelanjaan di Pekayon, kata dia, mematikan eskalator pada setiap Jumat untuk menghemat energi.

“Dengan itu kita mencegah pemborosan energi dengan penyuluhan di apartemen yang sedang dibangun. Supaya saat sudah  jadi  bisa menghemat energi juga,” ujarnya.

Pihaknya mengharapkan supaya Pemerintah Kota Bekasi juga mendorong penghematan energi melalui kebijakan. “Tentunya kebijakan ini harus didukung dengan kesadaran masyarakat,” tutupnya

Terpisah, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi Jumhana Lutfi mengatakan, dalam peringatan earth hour pihaknya mengeluarkan imbauan kepada ASN di Pemkot Bekasi untuk memadamkan listrik pada Pukul 20.30 – 21.30.

Kegiatan yang dilakukan Earth Hour Bekasi diantara lain adalah pemadam lampu selama satu jam dari Pukul 20.30 – 21.30. Selain itu ada juga pembacaan puisi, tari dan menonton bersama film berjudul Pilah tentang kampanye memilah sampah.(neo)

Related Articles

Back to top button