Berita Utama

Kota Bekasi Darurat Lahan TPA

Defisit Anggaran, Perluasan Ditunda

Radarbekasi.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi menyebut zona VI di TPA Sumur Batu, Kecamatan Bantar Gebang, Kota Bekasi telah melebihi kapasitas (overload).

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi, Jumhana Luthfi mengatakan, sampah yang dibuang ke lokasi tersebut setiap harinya mencapai 600 ton.

Saat ini, tumpukan sampah di atas lahan seluas 3,5 hektar yang baru dibebaskan tahun lalu itu sudah mencapai ketinggian 25 meter. “Kami tidak mampu membendung sampah seberat 600 ton yang masuk ke TPA Sumur Batu setiap hari,” kata Jumhana.

Ia menjelaskan, jika mengacu pada Keputusan Wali Kota Bekasi bernomor 658.12/kep.377-dinsih/vi/2016 tentang Penunjukkan Lahan sebagai Rencana Perluasan dan Pengembangan TPA Sumurbatu, bahwa pada tahun 2030, Kota Bekasi harus memiliki lahan TPA seluas 38,9 hektare.

Tahun ini, rencana perluasan zona ditunda. Dikhawatirkan, akan berdampak pada rencana perluasan zona yang masih ada tenggat waktu 12 tahun.

Ditundanya perluasan zona oleh Disperkimtan pada tahun 2018 merupakan salah satu penyebab dari anggaran daerah yang defisit sekitar Rp400 miliar pada tahun ini.

Ia menyatakan, Disperkimtan melakukan perluasan zona atas rekomendasi dari pihaknya. “Tapi tahun ini kami menunda pelaksanaan itu karena defisit anggaran,” ungkapnya. (neo)

Related Articles

Back to top button