Metropolis

Ekonomi hanya Dikuasai Segelintir Orang

Menurut Hamdan Zoelva

Radarbekasi.id – Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi, Hamdan Zoelva menyatakan bahwa ekonomi saat ini dikuasai oleh pengusaha besar dan konglomerat. Hal itu ia sampaikan usai menjadi keynote speaker dalam kegiatan yang diselenggarakan Radio Dakta di Hotel Horison.

Ia menyatakan, hal itu menyebabkan ketimpangan ekonomi di tengah masyarakat. “Kemerdekaan ekonomi itu adalah rakyat yang banyak yang harus memilih kekuatan ekonomi, bukan pada segelintir orang,” katanya, Selasa (27/3).
Dirinya menjelaskan, masalah bangsa yang paling besar ialah persoalan ekonomi.

Disinggung terkait ketimpangan tersebut, ia memaparkan, berdasarkan data yang ia peroleh angka penguasaan tanah 64 persen kepemilikan tanah dikuasai oleh tidak lebih dari satu persen orang. “Itu kan timpang sekali,” ucapnya.

Kemudian, lanjutnya, terkait penguasaan kesejahteraan, 51 persen kesejahteraan dikuasai tidak lebih dari 1 persen orang.

“Data – data keuangan di bank, 82 persen uang yang ada di bank adalah milik tidak lebih dari dua persen orang,” tambahnya.

Menurutnya, data – data tersebut menunjukan sesuatu yang timpang dan tidak sesuai dengan hakikat kemerdekaan Indonesia. “Ini lah pekerjaan besar kita untuk mencapai kemerdekaan sejati itu,” tutupnya. (neo)

Related Articles

Back to top button