Cikarang

Proses Pemilihan BPD Tidak Transparan

Radarbekasi.id – Puluhan warga mendatangi kantor Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Muktiwari, terkait adanya ketidak transparanan dalam pelaksanaan pemilihan BPD yang akan dilaksanakan pada 15 April 2018 mendatang.

Perwakilan warga Desa Muktiwari, Egaiy, menyesalkan proses pemilihan BPD yang tidak ada pengumuman dan sosialisasi kepada masyarakat. Terutama tidak melibatkan Karang Taruna.

“Seharusnya dalam pemilihan BPD melibatkan Karang Taruna setempat (Muktiwari) untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat, khususnya para pemuda,” beber Egaiy.

Lanjut Eagiy, dalam membentuk kepanitiaan pemilihan BPD, tidak ada perwakilan dari Karang Taruna yang dilibatkan.

Oleh karena itu, ia meminta warga harus ikut mengawasi proses pemilihan BPD tersebut. Eagiy juga menyoroti tidak adanya transparasi mengenai anggaran kegiatan yang dilakukan BPD.

“Selama ini BPD tidak pernah menyampaikan laporan penggunaan anggaran dan desa. Padahal, namanya dana yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD), itu harus ada laporan pertanggung jawabannya untuk apa saja digunakan,” ucap Eagiy.

Sementara itu, Sekretaris BPD Muktiwari, Moch Husein, berjanji akan menyampaikan aspirasi dari masyarakat akan diteruskan ke pemerintah desa dan kecamatan,

“Kami akan sampaikan tuntutan masyarakat tersebut selama itu tidak menyalahi aturan, dan dianggap wajar,” tukasnya.

Namun kata Husein, bawa Surat Keputusan (SK) panitia pemilihan BPD Muktiwari, sudah dikeluarkan oleh Kepala Desa Muktiwari.

“SK pembentukan panitia sudah dikeluarkan oleh Kepala Desa, termasuk orang-orangnya,” beber Husein. (pra)

Related Articles

Back to top button