Metropolis

Kartun ‘Sulap’ Sampah jadi Uang

Radarbekasi.id – Kreativitas aggota karang taruna (kartun)RW 033 kelurahan Bojong Rawalumbu, kecamatan Rawalumbu patut diacungi jempol. Pasalnya, mereka mampu mengelola Bank sampah dengan baik.

Ya,kehadiran bank sampah di RW 033 mulai diminati warga sebagai ladang penghasilan tambahan dengan cukup menukarkan sampah rumah tangga. Kehadiran Bank sampah sejak setahun terakhir  memiliki saat ini memiliki 150 nasabah. Mereka merupakan warga sekitar.

Ketua karang taruna unit RW 033 Eko Haryanto mengatakan, bank sampah yang dikelola olehnya bersama seluruh pengurus karang taruna usah memberikan hasil positif,”Alhamulillah sudah terlihat hasilnya,”katanya.

Dia mengaku, awal pendirian bank sampah rumah karya 033 ini mendapat tanggapan yang bervariatif dari warga setempat. Untuk menjalankan bank sampah, lanjut Eko,  pihaknya menjalin kerja sama dengan pihak swasta.

“Bank sampah ini kita dirikan sejak 1 tahun yang lalu, sampai sekarang sudah memiliki 150 nasabah baik dari warga dilingkungan sekitar maupun dari luar seperti Pekayon dan Pedurenan. Ada yang kita ambil langsung ada yang diantar sendiri oleh warga kalo dari luar ada yang pake grab. Kita kerja sama dengan bank BNI, sementara menunggu akte notaris nasabah kita berikan buku tabungan,” ujarnya.

Dengan memanfaatkan sebuah ruamh yang tidak dihuni lagu,  bank sampah ini berdiri hingga menginjak umur satu tahun. Eko menuturkan,  jika sewaktu-waktu pemiliknya datang terpaksa mereka harus pindah. Keberadaan mereka ditempat tersebut seizin RT dan RW.

Tabungan sampah yang diberikan oleh warga setiap harinya dihargai sesuai dengan jenis barang dan kategorinya. Harga paling rendah yakni jenis barang botol kaca tipe B yang masuk dalam kategori beling dihargai Rp. 200,00 per Kilogram nya, sedangkan harga tertinggi yakni jenis barang tembaga kategori logam yakni mencapai Rp. 60.000,00 per Kilogram.

Sudah 5 bank sampah yang dikelola oleh karang taruna unit RW dikelurahan Bojong Rawalumbu menurut keterangan ketua karang taruna kelurahan Bojong Rawalumbu Yoga Renata Lazuardi. ” Sampai saat ini sudah 5 RW yang ada bank Sampah nya, semuanya dilingkungan perumahan kalau yang dilingkungan perkampungan masih dalam tahap percobaan ” tegasnya. (Cr39)

Related Articles

Back to top button