Cikarang

Pemkab Segera Benahi Carut Marut Jalur Kalimalang

Radarbekasi.id – Carut marutnya kondisi Jalan Inspeksi Kalimalang di Kabupaten Bekasi, menjadi perhatian masyarakat luas.

Selain masalah belum tuntasnya perencanaan dua jalur pelebaran jalan di wilayah tersebut, keberadaan bangunan liar (bangli) dan truk bertonase berat yang terparkir sehingga mempersempit jalan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi, diminta punya keberanian untuk melakukan penataan.

Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabuoaten Bekasi, Iman mengatakan, pihaknya bakal melakukan penataan dan pelebaran Jalan Kalimalang. Kata dia, tahun ini pihaknya memastikan melakukan pengecoran untuk pelebaran jalan tersebut sebagai antisipasi mengatasi kemacetan.

”Untuk penataan Jalan Inspeksi Kalimang, harus melibatkan banyak pihak, dan kami juga selalu berkoordinasi untuk mempercepat penataan wilayah tersebut,” ujar Iman kepada Radar Bekasi.

Iman menjelaskan, adanya program pemerintah pusat dalam rangka percepatan infrastruktur, jalur Kalimang menjadi salah satu perhatian Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Apalagi jalan tersebut menjadi salah satu jalur alternatif untuk mengurangi kemacetan di di Jalan Tol Jakarta Cikampek (Japek) yang sedang dalam tahap pembangunan.

”Akses Kalimalang sudah masuk Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD), jadi kami pastikan tahun ini bisa selesai,” terang Iman.

Namun demikian, untuk penertiban jalur tersebut supaya terlihat lebih baik, lanjut Iman, itu menjadi tugas dari Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP). ”Jadi memang penataan Kalimalang itu sudah terbentuk dalam forum lalu lintas, jadi setiap lembaga mempunyai tugas dan fungsinya,” bebernya.

Sambung Iman, setelah penyelesaian dua jalur akses Kalimalang, pihaknya sudah merencanakan untuk membuat trotoar (pedestrerian) disepanjang jalur Kalimalang, sebagai fasilitas bagi pejalan kaki.

”Kebetulan di daerah Kabupaten Bekasi, masih sangat minim jalur pedestrian yang memang menjadi hak pejalan kaki. Oleh sebab itu, kami melakukan inovasi dengan membangun jalur pedestrian, dan rencananya baru sepenuhnya bisa direalisasikan tahun 2019  mendatang,” tegas Iman. (and)

Related Articles

Back to top button