Metropolis

Umat Nasrani Rayakan Jumat Agung

Radarbekasi.id – Umat nasrani di Kota Bekasi, kemarin merayakan jumat agung. Bagi umat Nasrani, Hari Raya Jumat Agung merupakan tanda penebusan dosa umat manusia.Hal tersebut disampaikan oleh salah seorang pengurus Gereja Pentekosta di Indonesia (GPDI) Jemaat Anugrah, Margahayu, Bekasi Timur Trini Sara.

Saat jumat agung kemarin, dia mengaku sebanyak 500 jemaat hadir pada Jumat Agung di gereja itu.“Jadi hari ini hanya Perjamuan Suci saja kegiatanya untuk memperingati pengorbanan Yesus, kalau untuk paskahnya baru di hari Minggu yang mana di hari itu memperingati kebangkitan Yesus,” ucapnya.

Tradisi yang sering dilakukan di hari Paskah seperti pembagian telur paskah. Menurut tradisi, telur melambangkan suatu kehidupan.

“Bukan hanya pembagian telur, anak-anak juga diikutsertakan lomba-lomba perayaan Paskah nanti. Hal ini dilakukan agar saling mengalahkan juga satu sama lain, dan nantinya sama-sama memakan telur paskah, yang mana di filosofikan sebagai bentuk kehidupan,” paparnya.

Sementara itu, Debby angel Silaban (23) Warga Kelurahan Harapanjayaeca, Bekasi Utara, menceritakan makna perayaan Paskah.Pertama, sebagai penebusan dosa. Kedua, pengorbanan karena Yesus sudah rela mati demi menebus dosa umat manusia dan ketiga, kehidupan yang baru, yaitu dengan Yesus rela memberikan nyawanya mati di kayu salib dan dihakimi. Keempat, pertobatan.

“Bagi aku itu sebuah pengorbanan yang sangat besar sekaligus anugerah. Karena dengan disalib-Nya, Yesus mati dan bangkit itu untuk menebus dosa umat manusia, manusia itu hidup baru kembali setelah dosanya dihapus atau diampuni dan bangkitnya Yesus ke Surga (Penyucian diri). Itu menurut aku pribadi dan umat Nasrani,” ujarnya.(dyt/gob)

Related Articles

Back to top button