Metropolis

600 Ribu WP Belum Lapor SPT

Radarbekasi.id – Sekitar sebanyak 600 ribu Wajib Pajak (WP) Orang Pribadi (OP) di Kantor Wilayah Direktorat Jendral Pajak (DJP) Jawa Barat II yang meliputi wilayah Kabupaten Bekasi dan Kabupaten Karawang belum melaporkan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) sampai dengan Sabtu (31/3).

Kabid Humas Kanwil DJP Jawa Barat II, Adilega Tanius mengatakan, mereka yang belum melakukan pembayaran ialah WP Orang Pribadi Karyawan atau PNS sebanyak 500 ribu dan sisanya WP OP usahawan atau non karyawan.

Ia menjelaskan, jumlah WP OP yang ada di wilayah Kabupaten Bekasi dan Kabupaten Karawang ada sebanyak 1.725.000 orang. “Dari wajib pajak terdaftar tersebut, yang wajib menyampaikan SPT tahunan adalah 835 ribu WP OP,” ambahnya.

Dari 835 ribu WP OP, 220 ribu orang diantaranya sudah melaporkan SPT Tahunan ke Kanwil DJP Jawa Barat II. Ia menghimbau supaya WP OP yang ada di Kabupaten Bekasi dan Kabupaten Karawang dapat segera melaporkan SPT Tahunannya.

Pasalnya, bagi WP OP yang tidak melapor, dapat dikenakan sanksi ringan berupa sanksi administrasi berupa denda sebesar Rp100 ribu hingga pidana kurungan penjara paling sedikit 3 bulan bagi yang sengaja tidak melaporkan SPT tahunannya. (neo)

Related Articles

Back to top button