Metropolis

Disabilitas Minta Perhatian Cawalkot

Radarbekasi.id – Himpunan Wanita Disabilitas Indonesia (HWDI) Kota Bekasi mendorong kontestan Pilwalkot Bekasi 2018 memperhatikan kalangan berkebutuhan khusus. Pasalnya, selama ini kaum disabilitas masih mengalami diskriminasi sosial.

Ketua HWDI Kota Bekasi Paini menyatakan sejauh ini kalangannya belum menjadi prioritas utama bagi dua pasangan calon (paslon) di Pilwalkot Bekasi. Pasalnya, itu terlihat dari program kampanye yang minim menyasar pada pemberdayaan kelompok disabilitas.

“Tidak ada janji yang akan memberdayakan kaum disabilitas dengan tujuan dapat menciptakan lapangan pekerjaan,” ujar Paini.

HWDI Kota Bekasi sendiri memiliki terhimpun dari 500 anggota dengan rata-rata umur berkisar 17-55 tahun.

Umumnya, kata dia, mereka dalam garis kemiskinan. Untuk kebutuhan ekonomi, Paini memberikan pelatihan kreatif untuk membuka peluang peningkatan kesejahteraan.

Paini menyatakan telah memerintahkan anggotanya untuk selektif memilih calon pilihannya. Pasalnya, putusan pilihan juga akan menentukan nasib lima tahun ke depan.

“Kami juga tidak mau hanya dimanfaatkan untuk berkontribusi suara kepada salah satu calon. Kami ingin adanya kesetaraan sosial,” tegas dia.

Senada, penggiat relawan disabilitas, Shiwo mengatakan belum ada calon-calon kontestan Pilwalkot Bekasi dan Pilgub Jabar yang mendatangi kaum disabilitas. Padahal, sambung dia, biasanya saat Pilkada kaum disabilitas kerap menjadi sasaran kampanye.

“Calon Pilwalkot Bekasi dan Pilgub Jabar sejauh ini belum lihat. Biasanya kalau saat Pilkada seperti ini mereka datang menyampaikan janji-janji keberpihakan kepada kaum difabel,” katanya.

Dia mengatakan ada beberapa hak yang selama ini belum dirasakan optimal oleh para kaum disabilitas. Di antaranya keterbukaan lapangan kerja, fasilitas kesehatan dan pendidikan memadai hingga aksesibilitas penunjang mobilisasi.

“Pekerjaan, pendidikan, kesehatan aksesibilitas berpihak gak masih sangat minim. Dulu-dulu juga dijanjikan tapi realisasinya belum ada,” ungkap dia. (sar)

Related Articles

Back to top button