Berita Utama

Waktu Pelatcab Kurang Ideal

Radarbekasi.id – Tiga bulan waktu yang diberikan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Bekasi untuk Pemusatan Latihan Cabang (Pelatcab) dinilai tidak maksimal.

Waktu tersebut dirasa kurang ideal bagi cabang olahraga yang mengedepankan atlet binaan untuk maju di Pekan Olahraga Daerah (Porda) Jawa Barat, XIII 2018 nanti.

Sejumlah cabor terpaksa lebih dahulu menjalani pelatcab sebelum agenda pemusatan latihan ditetapkan KONI.

Seperti pada cabang olahraga Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Bekasi, mereka lebih awal menjalani pemusatan latihan meski terkendala anggaran.

“Saya sudah berkomunikasi dengan KONI, Pelatcab dilaksanakan tiga bulan sebelum Porda. Ya, sekitar Agustus nanti. Karena pelaksaan porda diperkirakan di bulan Oktober. Sejauh ini, kita laksanakan pemusatan latihan tanpa bantuan KONI. Padahal kita tahu, perlu vitamin yang cukup buat atlet,” ujar Sekretaris Umum FPTI Kabupaten Bekasi, Komarudin, saat ditemui Radar Bekasi, di Markas FPTI, di Komplek Stadion Wibawamukti, Kecamatan Cikarang Timur, Rabu (4/4).

Mereka memeinta tim khusus KONI dibentuk, dan melihat langsung kondisi atlet ditiap cabor. Laporan dari tim, terkait temuan dilapangan bisa disampaikan langsung ke KONI.

“Itu saya rasa harus (Pembentukan Tim). Karena beberapa cabor, mungkin mayoritas cabor memajukan atlet binaan,” katanya.

Lanjut Komarudin, saat ini atlet senior peraih medali emas di porda lalu, tidak bisa tampil. Karena tuan rumah, yakni kabupaten bogor membatasi hanya dua nomor untuk atlet senior.

“Yang sudah yakin medali emas, ada di senior yakni, Mila Lenasari dan Ahmad Gunawan Santoso sisanya semua binaan,” bebernya.

Waktu Pelatcab yang singkat juga dikeluhkan Sekretaris Umum Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kabupaten Bekasi, Yogianto. Ia menyatakan, atlet usia muda yang diterjunkan harus banyak mendapat materi latihan di Pelatcab.

“Kita terbentur batasan usia, tapi saya yakin dengan atlet saat ini sudah bisa meraih pungkasnya. (dan)

Related Articles

Back to top button