Olahraga

Anggaran Langsung Dikelola Cabor?

Radarbekasi.id – Kebijakan Dinas Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disbudpora) Kabupaten Bekasi, untuk anggaran rutin langsung dikelola cabang olahraga (Cabor) di tahun 2019 jadi perbincangan. Pro kontra, mewarnai kebijakan tersebut.

Kelebihan dan kekurangan jika wacana tersebut terealisasi mulai menjadi pembahasan. Pasalnya untuk pengelolaan anggaran langsung, diperlukan manajemen keuangan yang baik.

Sekretaris Umum, Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI), Komarudin, menyatakan, kebijakan tersebut sudah disampaikan langsung pada tiap cabor dan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Bekasi, di beberapa pertemuan yang sudah dilakukan.

“Kabid (Kepala Bidang) Disbudpora, Nani Suwarni, sempat menegaskan soal anggaran kedepannya dikelola langsung oleh cabor, dan bukan lewat KONI lagi. Teknisnya seperti apa, jelas saya tidak setuju. Karena persoalan anggaran perlu jeli dan tidak banyak yang mampu mengelola” ujar Komarudin pada Radar Bekasi, belum lama ini.

Bagaimanapun, kata dia, pengelolaan anggaran tetap di Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Bekasi, sebagai induk olahraga yang menaungi semua cabang olahraga.

“Cabor belum tentu mampu. KONI, dengan sistem yang ada, tentu sudah bagus ketimbang harus dikelola oleh cabor,” tuturnya.

Sementara, sejumlah cabor, justru mendukung dengan program Disbudpora tersebut. Karena, dengan dikelola cabor, akan mudah bagi pengurus cabang olahraga untuk mengeluarkan anggaran sesuai dengan keperluan atlet dan cabor.

Sekretaris Umum Persatuan Angkat Besi, Berat dan Binaraga Seluruh Indonesia (PABBSI) Kabupaten Bekasi, Junaedi, mengakui kebijakan yang disampaikan oleh Kabid Disbudpora sudah sesuai. Kata dia, beberapa daerah seperti Jakarta sudah menerapkan sistem tersebut.

“Ini sudah sangat mempermudah cabor kedepannya. Saya sangat setuju,” katanya.

Menurutnya kemudahan dirasakan cabor jika anggaran langsung diberikan.

“Bila benar, tentu ada mekanisme juga kan. Kita bisa membentuk terlebih dahulu, agar penggunaan anggaran sesuai dengan ketentuan aturan di Kabupaten Bekasi,” tandasnya. (dan)

Related Articles

Back to top button