EventLIFE STYLE

Lippo Cikarang Helat Festival Sakura Matsuri ke 7

Radarbekasi.id – PT Lippo Cikarang Tbk kembali menghelat Festival Budaya Sakura Matsuri di Citywalk, Lippo Cikarang mulai 7 sampai 8 April 2018.

Kegiatan yang di dukung oleh Komunitas Alumni Jepang di Indonesia (KAJI), Keduataan Besar Jepang di Indonesia, serta Pemerintah Daerah setempat ini untuk lebih mempererat hubungan Indonesia dan Jepang.
Chief Executive Officer (CEO) PT Lippo Cikarang Tbk, Toto Bartholomeus menjelaskan, tahun ini merupakan pelaksanaan Festival Budaya Sakura Matsuri ke-7. Festival Sakura Matsuri tahun ini bertepatan dengan peringatan 60 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Jepang, yang sekaligus diangkat sebagai tema acara.

“Festival Sakura Matsuri 2018 bertujuan mewadahi masyarakat Jepang di Lippo Cikarang dengan berbagai festival budaya antarnegara,” ujar Toto disela pembukaan Festival Budaya Sakura Matsuri, Sabtu (7/4).
Lebih lanjut, Toto mengatakan, Festival Sakura Matsuri merupakan festival tahunan di Jepang yang dihelat untuk menikmati keindahan bunga sakura yang mekar pada musim ini. “Suasana yang sama dihadirkan melalui Sakura Matsuri 2018 yang berlokasi di Citywalk, dimana pemilihan lokasi dikarenakan berada pada kawasan tempat tinggal masyarakat Jepang di Cikarang,” imbuhnya.

Festival Sakura Matsuri 2018 dimeriahkan oleh Soran Bushi, Bon Dori, Cosplay, Coswalk, Mr & Mrs Sakura, Tari Daerah, Tari Sakura, AKI20, Kazu, Japanese Band, Japanese Idol, Yoshimoto Comedian, Hiroaki Kato, Snowdrop, Ren-Ai, Cikarang Keion Club, Jakarta Keion Club, Omikishi, Sisingaan, dan J-Rocks sebagai special guest star. Acara juga akan dimeriahkan oleh kegiatan flash mob, food festival, food trucks, bazaar, dan taiko.

“Pada Sakura Matsuri 2018, akan ditampilkan pertunjukan Omikoshi. Omikoshi atau Mikoshi merupakan tandu suci yang dipercayai dinaiki oleh objek pemujaan atau roh dari Kuil Shinto di Jepang. Selama pelaksanaan festival (matsuri) di Jepang, Omikoshi akan diarak untuk membawa roh ke tempat peristirahatan sementara dengan maksud menenangkan roh yang ada,” tuturnya.

Dengan karakteristik yang hampir sama, terdapat pula pertunjukkan Sisingaan yang merupakan kesenian asli dari Jawa Barat. Sisingaan atau Gotong Singa merupakan seni arak-arakan dengan menggotong boneka singa yang ditunggangi oleh seorang anak. Ketika arak-arakan telah selesai akan dilanjutkan dengan atraksi. Sisingaan memiliki makna untuk keselamatan atau syukuran.

“Pertunjukan yang memiliki kesamaan karakteristik tersebut akhirnya akan menunjukkan kedekatan antara Indonesia dan Jepang yang telah menjalin hubungan diplomatik selama 60 tahun,” pungkasnya. (oke)

Tags
Lebihkan

Artikel terkait

Close
%d bloggers like this: