Metropolis

Siswa Harus Percaya Diri

Radarbekasi.id – Siswa SMA sederajat yang hari ini mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), diminta untuk tidak percaya dengan beredarnya kunci jawaban. Siswa diminta percaya dan yakin dengan kemampuan yang dimiliki.

Ketua pengurus cabang Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (PC IPNU) Adi Prastyo, menyayangkan adanya beredar kunci jawaban saat pelaksanaan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) atau UNBK tingkat SMK lalu. Kendati demikian, dia merasa optimis peserta didik tidak mudah terpengaruh.

Pria yang akrab Tyo meminta untuk penyelenggara dan penegak hukum harus menindak tegas oknum yang menyebar kunci jawaban tersebut. Karena, bisa membuat peserta UNBK menjadi terganggu kosentrasinya. Selain itu, menurutnya soal dank unci jawaban UNBK adalah dokumen negara yang tidak banyak diketahui oleh khalayak luas sebelum UNBK dilaksanakan.

“Di jaman sekarang ini tentunya anak sekolah sudah cerdas dan lebih percaya diri untuk menempuh ujian nasional, jangan membuat mereka untuk tidak menjadi percaya diri dengan menjual soal-soal yang belum tentu benar. Pihak penyelenggara dan keamanan UNBK maupun penegak hukum harus menindak tegas jika ditemukan oknum penjual jawaban UNBK, “ ujarnya

Sementara itu ketua Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Bekasi Raya, Aiman Syarif mengakui, kodisi demikian memang selalu terjadi saat momentum pelaksanaan ujian nasional.Hal ini yang menurut Aiman yang membuat mental bangsa semakin terpuruk diusia yang sangat produktif.

“Sebagai salah satu seorang pendidik, hal demikian jelas membuat para pendidik kecewa. Perlu adanya upaya prefentif dari pemerintah dibidang pendidikan “ tegas pria yang juga mengajar di salah satu SMA di Kota Bekasi ini.

Menurutnya, pendidikan karakter sangat dibutuhakn saat ini. Pendidikan karakter tersebut merupakan tugas bagi pendidik untuk menanamkan dan membentuk karakter dan membangun mental bangsa sehingga tidak akan terpengaruh dengan hal-hal buruk.

“Sekali lagi kami ingatkan, bagi siswa yang yang mengikuti UNBK mulai hari ini, agar lebih percara diri, persiapkan dengan matang, jangan percaya dengan beredarnya kunci jawaban,”tandasnya. (cr38)

Related Articles

Back to top button