Berita Utama

Damkar Kekurangan Armada

Radarbekasi.id – Penambahan personil dan sektor baru Dinas Pemadam Kebakaran (Disdamkar) Kota Bekasi tidak diimbangi dengan penambahan armada pemadam.

Saat ini baru ada 15 armada untuk menangani kebakaran di 12 kecamatan, se-Kota Bekasi. Selain di mako, armada tersebut tersebar di lima sektor.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kota Bekasi, Aceng Solahudin mengatakan, idealnya Kota Bekasi memiliki 60 sampai 70 armada pemadam kebakaran. Sehingga, ketika ada kebakaran di suatu lokasi dapat ditangani dengan cepat.

“Saya jamin ketika sudah 70 unit nanti lima belas menit sudah sampai di lokasi bahkan kurang kalau sektor sudah terbangun di semua kecamatan,” katanya kepada Radar Bekasi.

Ia menjelaskan, dalam penanganan bencana kebakaran yang diselamatkan ialah nyawa dan harta orang yang tertimpa bencana. Jika sektor sudah terbangun di semua kecamatan dan armada sudah mumpuni maka penanganan bencana kebakaran akan lebih optimal.

Ia mencontohkan, Damkar Pemprov DKI Jakarta dengan 3000 pegawai sudah memiliki 700 armada pemadam kebakaran. Sehingga penanganan ketika ada bencana kebakaran diklaim lebih cepat.

Sementara itu, Kota Bekasi dengan jumlah personil mencapai 450 orang dari total pegawai sekitar 1100 hanya memiliki 15 unit.

“Untuk saat ini, di sektor Medansatria ada tiga armada, Mustikajaya dua, Jatisampurna, Wisma Asri dan Rawalumbu dua armada. Idealnya satu sektor tiga armada,” tambahnya.

Sehingga, pihaknya masih kekurangan sekitar 45 unit armada. Tahun ini sudah diajukan. Ia optimis akan mencapai target tersebut jika selalu ada pengadaan armada setiap tahunnya. “Minimal dua atau tiga armada setiap tahun asalkan rutin,” pungkasnya (neo)

Related Articles

Back to top button