Cikarang

Perbaikan Jembatan Cipamingkis Dianggarkan Rp1,4 M

Radarbekasi.id – Terputusnya Jembatan Cipamingkis yang berada di Kecamatan Cibarusah, mengakibatkan sejumlah pengendara tidak dapat melintas.

Pasalnya, jembatan yang menghubungkan Kecamatan Cibarusah, Bojongmangu, Cariu Bogor, dan Karawang itu, untuk sementara ditutup.

Selain pengendara, pedagang di wilayah tersebut juga mengalami kerugian. Karena tidak ada lagi pengendara yang melintas.”Biasanya saya setiap hari bisa menjual bensin eceran 70 liter, tapi setelah jalan longsor dan ditutup, penjualan menurun drastis. Setiap hari hanya bisa menjual 20 liter,” kata salah satu pedagang, Yana (34), Senin (9/4).

Dirinya mengaku, dua tahun yang lalu juga pernah longsor, sama seperti sekarang mau pelebaran. Masyarakat yang rumahnya diseberang Jembatan Cipamingkis, terutama yang mempunyai kendaraan roda empat, setiap hari menititipkannya di Polsek.

“Pinginnya sih cepat dibenarin, tapi kualitasnya harus benar-benar bagus, jangan asal-asalan,” pinta Yana.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Bekasi, Jamaludin mengatakan, perbaikan jembatan sudah mulai dilakukan.

“Bupati sudah menyetujui anggaran Rp1,4 miliar. Dan perbaikan ini hanya sementara, yang penting bisa digunakan masyarakat sekitar dulu. Saya tergetkan dua bulan sudah bisa dilalui, terutama sebelum Lebaran. Namun untuk sekarang jalan sementara di tutup,” ucapnya saat sidak ke Jembatan Cipamingkis, Senin (9/4).

Diakui Jamal, ketika Jembatan Cipamingkis -Jonggol belum terputus, semua kendaraan bertonase besar melintas di Jembatan Cipamingkis, terutama kendaraan yang mau ke Cariu dan Cianjur, itu salah satu penyebab jalan longsor. “Jalan alternatif sementara lewat Jembatan Jonggol, karena itu sudah selesai perbaikannya.” Terang Jamal.

Lanjutnya, teknis perbaikan sebelumnya pakai turaf, sekarang bawahnya akan pakai bordil, kedalaman dan ketinggian akan ditambah, yang sebelumnya enam meter, sekarang akan ditambah menjadi 12 meter. “Mudah-mudahan saja bisa lebih kuat dari sebelumnya,” tukasnya.

Sedangkan Camat Cibarusah, Enop Can berharap, perbaikan bisa cepat dilaksanakan. Selama jalan ditutup, kendaraan dialihkan ke Jalan Wiyamulya dan ke arah Jonggol, sebelumnya juga sudah disosialisasikan langsung, bahkan sampai memasang baner di jembatan.

“Saya berharap, sebelum puasa perbaikan jembatan sudah selesai, agar bisa dilalui kendaraan saat Idul Fitri, sekarang sudah saya pasang baner di jembatan, agar pengendara tahu jembatan ditutup,” pungkasnya. (pra)

Related Articles

Back to top button