Cikarang

PAD Burung Walet Hanya Rp2 Juta?

Radarbekasi.id – Realisasi sarang bulung walet terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) di Kabupaten Bekasi masih sangat kecil.

Bidang Pendapatan Daerah Lainnya (PDL) Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Bekasi, tahun ini hanya manergetkan sekitar Rp2 juta dari sarang burung walet untuk PAD.

Menurut Kepala Bidang PDL Bapenda Kabuoaten Bekasi, Betty Kusuma Wardhani, untuk PAD dari sektor sarang burung wallet hingga triwulan pertama ini belum ada yang masuk.

Betty menjelaskan, perkembangan bisnis sarang burung walet di Kabupaten Bekasi mulai menurun, karena populasi burung walet sudah berkurang. Kata dia, saat ini lokasi usaha jenis sarang burung walet hanya ada di wilayah Kecamatan Kedungwaringin.

”Memang sudah sejak beberapa tahun belakangan jenis usaha sarang burung walet menurun. Target kami tahun ini saja hanya Rp2 juta, dan pada triwulan pertama ini belum ada yang masuk ke PAD,” terang Betty kepada Radar Bekasi, Rabu (11/4).

Mseki demikian, kata Betty, dari delapan jenis pajak daerah yang ditangani, termasuk sarang burung walet. Pada triwulan awal, pihaknya sudah mendapat Rp129 miliar.

”Jadi kalau untuk jenis pajak lainnya dengan memanfaatkan sistem daring (online) untuk pembayaran pajak, kenaikannya cukup signifikan. Karena tahun lalu di triwulan pertama sebelum menggunakan sistem daring, kami hanya mendapat sekitar Rp99 miliar,” ucapnya.

Lanjut Betty, adapun delapan jenis pajak daerah dengan capaian Rp129 miliar di triwulan, diantaranya pajak restoran, pajak reklame, pajak hotel, pajak hiburan, pajak parkir, pajak air tanah, pajak penerangan jalan, dan salah satunya pajak sarang burung walet.

”Target kami dari seluruh jenis pajak tersebut sebesar Rp452 miliar. Dan diupayakan, pembayaran pajak dengan sistem daring ini bisa lebih meningkatkan PAD, karena selain untuk memudahkan para wajib pajak ketika melakukan pembayaran, juga menghindari kontak langsung antara petugas pemungut pajak dengan wajib pajak,” tandas Betty. (and)

Related Articles

Back to top button